Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Situs Jurnal Ilmiah Gratis, Cocok untuk Cari Referensi Skripsi

Kompas.com - 18/11/2023, 10:00 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mencari referensi penelitian yang relevan, valid, dan terpercaya bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para peneliti, mahasiswa, atau siapa pun yang ingin sedang meneliti.

Salah satu cara untuk mendapatkan referensi penelitian yang berkualitas adalah dengan mengakses situs jurnal ilmiah yang menyediakan akses gratis atau terbuka (open access) bagi pengguna.

Melansir dari Instagram Ditjen Dikti, berikut ini 5 situs jurnal ilmiah gratis yang bisa dikunjungi untuk mencari referensi penelitian.

Baca juga: 15 Situs Jurnal Internasional Gratis buat Tugas Akhir

1. Garuda

Garuda merupakan singkatan dari Garba Rujukan Digital, portal ini dikembangkan oleh Kemendikbudristek guna menyediakan akses terbuka bagi berbagai karya ilmiah di Indonesia.

Garuda menyedikan berbagai jurnal ilmiah, konferensi, serta laporan ilmiah. Terdapat lebih dari 800.000 artikel dan 8.000 jurnal yang ada dalam portal ini.

2. ISJD

ISJD atau kepanjangan dari Indonesian Scientific Journal Database adalah situs penyedia jurnal ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

Sampai Januari 2021, ISJD telah menerbitkan lebih dari 9.000 jurnal dengan lebih dari 400.000 artikel dari perguruan tinggi atau lembaga penelitian. 

Baca juga: Mendikbud: Tesis dan Disertasi Mahasiswa S2-S3 Tidak Wajib Masuk Jurnal

3. Perpusnas

Perpusnas adalah singkatan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, sebuah lembaga pemerintah yang bertugas untuk mengembangkan dan melestarikan koleksi perpustakaan nasional, termasuk jurnal ilmiah.

Perpusnas memiliki situs web yang menyediakan akses terbuka bagi jurnal ilmiah Indonesia, baik yang diterbitkan oleh Perpusnas sendiri maupun yang berasal dari lembaga lain. Perpusnas juga memiliki fitur pencarian, filter, dan katalog yang memfasilitasi pengguna untuk menelusuri referensi penelitian yang dibutuhkan.

4. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ adalah singkatan dari Directory of Open Access Journals, sebuah situs web yang berbasis di Swedia yang menyediakan akses terbuka bagi jurnal ilmiah dari seluruh dunia.

DOAJ memiliki koleksi lebih dari 10.000 jurnal ilmiah dari lebih dari 130 negara, yang mencakup berbagai bidang ilmu, seperti kedokteran, teknik, pendidikan, hukum, dan lingkungan. DOAJ juga memiliki fitur pencarian, filter, dan klasifikasi yang membantu pengguna untuk menemukan referensi penelitian yang relevan dan terpercaya.

Baca juga: Menyoal Dua Versi Tafsir Jurnal Internasional Bereputasi

5. Google Scholars

Google Scholar adalah sebuah layanan pencarian web yang dikhususkan untuk mencari literatur ilmiah, seperti jurnal, buku, tesis, disertasi, dan laporan penelitian.

Google Scholar memiliki koleksi yang sangat luas dan beragam, yang berasal dari berbagai sumber, seperti penerbit, universitas, lembaga penelitian, dan organisasi profesional.

Baca juga: 9 Rekomendasi Situs Jurnal Ilmiah Online dari Kemendikbud

Google Scholar juga memiliki fitur pencarian, filter, dan sitasi yang mempermudah pengguna untuk mendapatkan referensi penelitian yang sesuai dengan topik, metode, atau hasil yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com