Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Dampak Negatif Merokok bagi Remaja, Merusak Gigi hingga Kanker

Kompas.com - 19/11/2023, 17:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia memiliki tingkat prevalensi merokok yang tinggi. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa 22 dari 100 remaja usia 15 hingga 19 tahun sudah merokok.

Mirisnya, fakta di lapangan remaja yang merokok masih berseragam sekolah. Untuk mencegah pelajar merokok, tidak hanya butuh peran orangtua dan sekolah saja.

Tapi masyarakat luas juga punya peran penting. Masyarakat bisa menegur remaja, terlebih yang masih menggunakan seragam apabila kedapatan merokok di tempat umum.

Selain faktor belum cukup umur untuk merokok, yang paling penting, merokok itu membawa dampak tak bagus bagi kesehatan remaja.

Baca juga: 5 Dampak Positif Main Video Game dan 4 Hal yang Perlu Diperhatikan

Dampak negatif merokok bagi remaja

Merokok berbahaya bagi kesehatan tubuh tidak terkecuali bagi remaja karena di dalam sebatang rokok terkandung 4.000 jenis senyawa kimia beracun yang berbahaya di mana 43 diantaranya bersifat karsinogenik.

Dengan komponen utama nikotin (zat berbahaya penyebab kecanduan), Tar (bersifat karsinogenik), CO (menurunkan kandungan oksigen dalam darah).

Dilansir dari akun Instagram Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (19/11/2023) berikut dampak negatif merokok bagi remaja.

1. Gangguan paru-paru

Dampak negatif merokok pada remaja yang pertama adalah bisa menyebabkan gangguan paru-paru. Merokok pada usia dini dapat memberikan dampak serius pada perkembangan paru-paru.

2. Merusak gigi

Dampak negatif merokok bagi remaja yang kedua adalah bisa merusak gigi. Merokok menjadi penyebab utama gangguan kesehatan gigi dan mulut. Hampir setengah dari infeksi di mulut terjadi para perokok di bawah 30 tahun.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Anak Putus Sekolah, Minder dan Jadi Pemalas

3. Kecanduan

Dampak negatif merokok yang kedua adalah bisa menyebabkan kecanduan. Nikotin dalam rokok menyebabkan kecanduan. Remaja yang terjerumus dalam kebiasaan merokok dapat mengalami kesulitan melepaskan diri dari ketergantungan ini.

4. Risiko kanker

Dampak negatif merokok pada remaja selanjutnya adalah dapat meningkatkan risiko kanker pada berbagai organ. Dari mulut, tenggorakan hingga paru-paru dapat mengancam kesehatan pada remaja.

5. Masalah pada otot dan tulang

Penelitian menunjukkan bahwa remaja yang merokok mengalami kepadatan tulang yang rendah. Selain itu juga menghambat pertumbuhan dan menyebabkan kerapuhan tulang.

Baca juga: Kenali Tahapan Masuk SMA Pradita Dirgantara, Siap-siap Daftar 2024

Demikian 5 dampak negatif merokok pada remaja yang perlu diketahui. Sehingga bagi remaja yang masih bersekolah, lebih baik tidak merokok karena hanya mendatangkan dampak negatif saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com