Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bocoran Pertanyaan Wawancara Kerja di Hotel bagi Lulusan Baru

Kompas.com - 30/11/2023, 09:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu lulusan pendidikan vokasi Jurusan Administrasi dari LKP P4M Mataram, Wini Hayudi Putri membagikan tips seputar pertanyaan wawancara kerja.

Wini yang kini bekerja sebagai Human Resource Development (HRD) Manager di Prime Park Hotel & Convention Lombok membagikan bocoran pertanyaan wawancara.

Tentu, hal ini cocok bagi para lulusan vokasi yang ingin bekerja di industri perhotelan. Sebab, industri perhotelan dan pariwisata jadi salah satu industri yang banyak diincar oleh lulusan pendidikan vokasi, mulai dari SMK, politeknik, maupun lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

"Seperti wawancara pada umumnya, pelamar harus percaya diri dan mempelajari posisi yang dilamar," ujar Wini dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Rabu (29/11/2023).

Baca juga: Dulu Kuliah dan Magang Hotel di Jerman, Kini Mark Sukses Jadi Developer di Indonesia

Ia kemudian membagikan beberapa pertanyaan yang sering diajukan HRD kepada pelamar. Berikut ini penjelasannya.

Pertanyaan wawancara kerja yang sering diajukan HRD

1. Pengenalan diri

Biasanya, dalam mengawali wawancara, HRD akan menanyakan seputar pengenalan diri kandidat. Maka, sampaikanlah profil singkat berupa nama, lulusan, dan pengalaman kerja secara umum, sehingga memantik rasa penasaran HRD untuk bertanya lebih lanjut.

Selain itu, jelaskan juga seperti apa visi misi kamu dan keseharian positif yang bisa kamu banggakan.

2. Ceritakan pengalaman magang dan organisasi

HRD nantinya juga akan melihat atau mengecek kesungguhan kandidat dengan melihat dari pengalaman yang dikerjakan ketika sekolah ataupun kursus perhotelan.

Baca juga: Perbedaan Hotel, Hostel, dan Motel yang Harus Diketahui Siswa

Bagi lulusan pendidikan vokasi, akan memiliki poin penting karena sudah memiliki pengalaman magang dan pembelajaran yang berbasis praktik. Maka, sampaikan juga pengalaman organisasi yang pernah dijalani.

3. Terkait tujuan bekerja

Biasanya, HRD juga akan menanyakan terkait tujuan bekerja seorang kandidat. Hal ini untuk melihat kesungguhan kandidat dalam bekerja.

Untuk itu, kamu dapat menyampaikan sejujurnya untuk menambah pengalaman dan jelaskan secara detail. Dengan begitu, akan menarik HRD untuk mempertimbangkan kamu.

4. Harapan ketika bekerja

Adapun pertanyaan selanjutnya yang biasa diajukan HRD adalah mengenai harapan kandidat saat bekerja.

Hal ini untuk melihat ekspektasi dan potensi yang dimiliki seorang kandidat. Kamu dapat menyampaikan seberapa besar harapan kamu agar bisa berkembang dan meningkatkan pengalaman di bidang perhotelan.

5. Terkait kelemahan dan kelebihan diri

HDR juga akan bertanya mengenai kelemahan dan kelebihan diri kandidat. Maka, agar kamu bisa menjawab pertanyaan ini adalah dengan mengenali diri sendiri.

Tipsnya adalah sampaikan kelebihan kamu sesuai dengan posisi yang dilamar. Sementara untuk menjawab kekurangan kamu bisa menyampaikannya dengan menambahkan solusi dari kekurangan yang kamu miliki.

Baca juga: Lulusan Vokasi Ini Sukses Kembangkan Dua Usaha

Jadi itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan HRD saat sesi wawancara kerja di hotel. Apalagi bagi lulusan baru (fresh graduate) tentu butuh pengetahuan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com