Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Keramik Berdasarkan Fungsinya, Info Ditjen Vokasi

Kompas.com - 04/11/2023, 15:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Biasanya, rumah dipercantik dengan lantai keramik. Ternyata, keramik juga ada berbagai macam jenisnya. Apa saja itu?

Sebelumnya, masyarakat harus tahu tentang keramik. Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (3/11/2023), ini penjelasannya.

Keramik merupakan salah satu aspek yang menjadi perhatian kita dalam membuat sebuah hunian. Apalagi zaman sekarang sudah sangat jarang sekali rumah-rumah yang tidak menggunakan keramik.

Saat ini, penggunaan keramik tidak hanya untuk lantai saja tetapi bisa juga diaplikasi sebagai tembok. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa keramik yang digunakan untuk lantai dan tembok itu berbeda?

Baca juga: 5 Cara Membuat Pupuk Organik, Info Ditjen Vokasi

Ketidaktahuan kita akan jenis-jenis keramik terkadang membuat kita menggunakan jenis keramik yang sama untuk setiap sisi rumah kita. Padahal keramik ini memiliki beberapa jenis yang fungsinya berbeda-beda.

Guru Jurusan Keramik, SMKN 5 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Heru G membagikan informasi terkait 5 jenis keramik berdasarkan fungsi-fungsinya.

Fungsi keramik

1. Keramik lantai

Keramik lantai merupakan salah satu keramik yang kerap digunakan untuk menutupi lantai rumah atau bangunan. Keramik lantai pada umumnya lebih tebal dibandingkan jenis keramik lainnya.

Hal ini dikarenakan keramik lantai berfungsi untuk menahan beban manusia ataupun barang-barang yang ada di atasnya. Tekstur dari keramik ini licin dan halus sehingga memudahkan kita saat hendak membersihkannya.

2. Keramik dinding

Berbeda dengan keramik lantai, fungsi dari keramik dinding ini adalah untuk dekorasi. Tekstur keramik dinding ini sama seperti keramik lantai.

Baca juga: Menteri PPN: SV UGM Bisa Jadi Rujukan Pendidikan Vokasi

Hanya saja yang membedakan ialah motifnya, di mana motif keramik dinding jauh lebih estetik dibandingkan keramik lantai.

3. Keramik dapur

Untuk jenis keramik berikutnya ialah keramik dapur. Ini sama seperti keramik dinding, keramik dapur berfungsi untuk menjadikan dapur rumah lebih menarik dan indah.

Selain itu, pemakaian keramik dapur akan memudahkan untuk membersihkannya dari noda-noda bekas aktivitas memasak.

4. Keramik kamar mandi

Di kamar mandi juga butuh keramik khusus. Sebab harus berhubungan dengan sesuatu yang basah. Keadaan lantai yang hampir setiap waktu basah ini akan membuat lantai kamar mandi licin.

Maka dari itu, jika kalian ingin menggunakan keramik untuk kamar mandi, maka gunakanlah keramik yang tepat. Ciri-ciri keramik kamar mandi ialah teksturnya lebih kasar dan tidak terlalu tebal.

5. Keramik outdoor

Di luar ruang atau outdoor juga butuh keramik agar semakin indah. Selain dapat membuat rumah kita menjadi lebih bersih, kehadiran keramik untuk ruangan luar juga dapat membuat rumah kita menjadi lebih indah.

Baca juga: Mahasiswa Vokasi Unair Inovasi Drone Bawah Air, Ini Kelebihannya

Jika kalian ingin menggunakan keramik untuk outdoor maka pilihlah keramik yang tidak kasar, memiliki ketebalan yang cukup, tahan terhadap perubahan cuaca, dan tahan terhadap bahan-bahan kimia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com