Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Kompas.com - 13/12/2023, 16:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 perlu tahu prospek kerja jurusan kuliah yang akan dipilih.

Calon mahasiswa yang tertarik memilih Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota perlu mencari informasi prospek kerja setelah lulus.

Sehingga lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota tidak perlu khawatir akan bekerja jadi apa setelah lulus.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Indonesia, Rabu (13/12/2023) menerangkan prospek kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Teknik Biomedis? Kenali Prospek Kerja Lulusannya

Prospek kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki nama lain planologi. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota adalah jurusan yang mendalami ilmu analisis kondisi serta tata letak suatu daerah pada saat ini.

Ilmu yang dipelajari di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota akan membantu peningkatan sebuah kota dari berbagai aspek, mulai dari politik sampai ekonomi.

Seberapa bagus prospek kerja perencanaan wilayah dan kota di Indonesia? Berikut berbagai prospek kerja atau profesi yang bisa dijalani lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota:

1. Perencana wilayah dan kota

Salah satu prospek kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang paling dekat dengan ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan adalah perencana tata letak suatu daerah.

Lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota akan menyurvei satu atau berbagai wilayah dan membuat layout pembangunan kawasan serbaguna yang akan dijalankan.

2. Konsultan

Sebagai alumni jJurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, kamu juga bisa berprofesi sebagai konsultan properti. Kamu akan lebih memberi rekomendasi yang berkaitan dengan arsitektur gedung, penggunaan lahan dari segi lingkungan, serta kemudahan akses bagi para penggunanya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Paling Disukai Lulusannya karena Prospek Gaji Tinggi

3. Sekretariat internasional

Mahasiswa lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota juga berkesempatan mewakili negara, salah satunya dengan menjadi sekretariat.

Sebagai sekretariat, akan berfokus pada pengembangan dan pembangunan kota yang menjadi tanggung jawab Anda di hadapan forum internasional.

4. Pengembang properti

Dengan menjadi seorang developer properti, kamu akan sering mencari lahan kosong yang paling sesuai untuk proyek pembangunan. Serta memasarkan keunggulan bangunan.

5. LSM

Lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang punya jiwa sosial tinggi, juga dapat bergabung sebagai pengurus LSM. Sebagai anggota LSM, kamu akan menampung aspirasi dari masyarakat sebuah daerah untuk diteruskan kepada pemerintah terkait, dan memastikan keinginan warga lokal terwujud.

6. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota juga punya kesempatan besar menjadi PNS. Kamu ditempatkan di Kementerian LHK, PUPR, Perhubungan, serta BPPT untuk menunjang kemajuan pemerataan pembangunan di tanah air.

7. Dosen

Lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota juga punya kesempatan menjadi tenaga pendidik atau dosen. Kamu akan meneruskan ilmu perencanaan yang telah diperoleh kepada para mahasiswa. Sehingga pembangunan sarana dan prasarana di Indonesia terus berlanjut sampai generasi berikutnya.

Baca juga: Prodi Kriya ITB: Ini yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya

Itulah prospek kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Sehingga calon mahasiswa yang akan mengikuti SNPMB 2024, bisa menjadikan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota sebagai pilihan dalam memilih jurusan kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com