Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maksimalkan Peran Humas, Untar Raih Anugerah Diktiristek 2023

Kompas.com - 18/12/2023, 08:08 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagian Humas Universitas Tarumanagara (Untar) mendapat penghargaan tertinggi tingkat nasional dalam acara Anugerah Diktiristek 2023.

Humas Untar menerima tiga penghargaan sekaligus untuk kategori perguruan tinggi swasta (PTS).

Yaitu Gold Winner subkategori Laman dan Media Sosial, serta Silver Winner untuk Kepala Humas (Kahumas) Untar, Paula T. Anggarina di subkategori Insan Humas.

Penghargaan ini diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek) di Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Rabu (13/12/2023).

Baca juga: Untar Kukuhkan 2 Profesor Bidang Arsitektur dan Hukum

Humas punya peran penting

Paula menjelaskan, informasi yang berkualitas dan positif sangat dibutuhkan masyarakat saat
ini. Terlebih di tengah persebaran informasi yang cenderung negatif.

Menurutnya, humas memiliki peran penting untuk membangun budaya komunikasi yang baik. Terlebih, sebagai lembaga pendidikan tinggi harus mampu menyajikan informasi yang kredibel dan bertanggung jawab kepada para pemangku kepentingan.

"Para akademisi harus memberi contoh berkomunikasi yang baik kepada masyarakat," kata Paula dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (17/12/2023).

Paula juga mengucapkan terima kasih kepada LLDikti III dan Ditjen Diktiristek atas
penghargaan yang telah diberikan.

Ia mengapresiasi kepada Rektor dan seluruh sivitas akademika Untar yang telah berkontribusi aktif melalui berbagai kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, prestasi akademik dan nonakademik, serta kegiatan-kegiatan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, menghasilkan informasi.

Baca juga: Satu-satunya PTS di Indonesia, Untar Raih Penghargaan 4-Star QS Rating

Bantu tingkatkan reputasi Untar

Humas yang bertugas untuk meramunya menjadi sebuah konten atau berita untuk dikomunikasikan kepada masyarakat.

"Setiap kerja keras akan membuahkan hasil. Tim Humas Untar yang solid dapat mewujudkan capaian tertinggi bidang kehumasan pendidikan tinggi ini. Sekali lagi, saya selaku Kahumas Untar mengucapkan terima kasih atas kerja yang luar biasa dari seluruh tim," ucapnya.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menambahkan, pencapaian ini menjadi bukti Humas Untar telah menyajikan kinerja yang baik dan memberikan dampak positif bagi reputasi Untar.

Menurutnya, Humas Untar membantu peningkatan reputasi Untar dengan menjadi ujung tombak penyebaran dan penyerapan informasi dari dan kepada publik.

Rektor berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja Humas Untar dan siap berbagi kepada perguruan tinggi lain yang akan mengembangkan kehumasannya.

"Kami juga bersyukur karena Insan Humas Untar, Dra. Paula T. Anggarina berhasil menjadi figur yang menginspirasi bagi pembangunan reputasi Untar," imbuh dia.

Plt. Dirjen Diktiristek Prof. Nizam dalam sambutannya berharap apresiasi ini memperkuat semangat untuk memasuki tahun 2024 untuk kemajuan bangsa dan negara.

Anugerah Diktiristek 2023 memberikan 500 penghargaan kepada dunia usaha dan dunia industri (DUDI), perguruan tinggi, dan media yang telah menjadi mitra Kemendikbud Ristek dan Ditjen Diktiristek dalam mendukung transformasi pendidikan Indonesia.

Baca juga: Rektor Untar Terima Penghargaan Academic Leader Award 2023 dari Kemendikbudristek

Humas Untar sendiri sebelumnya pernah meraih penghargaan Top 5 PTS dengan Kehumasan Terbaik dan Terproduktif di Lingkungan LLDikti III Tahun 2020, Perguruan Tinggi dengan Laporan Kinerja Media Sosial Terbaik Tahun 2021, dan Bronze Winner untuk sektor Perguruan Tinggi kategori Media Sosial Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com