Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Mau Jadi "Software Engineer"? Kuasai 6 Keterampilan Ini

Kompas.com - 20/12/2023, 09:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa profesi yang di masa akan datang makin dibutuhkan. Salah satunya bidang software engineering.

Menurut perkiraan Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada tahun 2030 mendatang, Indonesia masih memerlukan 9 juta talenta di bidang IT.

Dari jumlah tersebut, sekitar 2.5 juta talenta IT akan sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Jika kamu tertarik belajar bidang IT khususnya pada bidang software engineering, ada beberapa keterampilan yang perlu dimiliki.

Baca juga: Mengenal Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Keterampilan yang harus dikuasai software engineer

Dilansir dari laman Telkom University, Rabu (20/12/2023) ada minimal 6 keterampilan yang harus dikuasai agar dapat mencapai karir yang gemilang di dunia software engineering. Simak informasi berikut ini:

Mahasiswa yang masih asing dengan istilah software engineering, berikut penjelasannya. Software engineer adalah seorang ahli yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan membangun produk perangkat lunak, sistem, atau aplikasi.

Mereka melewati serangkaian langkah, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan antarmuka pengguna, konstruksi, hingga pengujian, sebelum akhirnya berhasil menciptakan sebuah produk perangkat lunak.

Pekerjaan software engineering menawarkan peluang besar untuk berkembang dan melangkah lebih maju dalam karier. Mahasiswa yang ingin berkarier menjadi seorang software engineer, berikut 6 keterampilan yang harus kamu kuasai.

Baca juga: Mahasiswa, Ketahui Pekerjaan yang Akan Hilang karena Teknologi

1. Memahami algoritma dan struktur data

Jika kamu ingin menjadi seorang software engineer maka algoritma dan struktur data menjadi hal yang penting untuk dikuasai. Struktur data melibatkan cara menyusun dan mengatur data terstruktur dalam sistem komputer atau basis data sehingga bisa diakses dengan mudah.

Beberapa jenis struktur data yang perlu dikuasai meliputi Array, Linked List, Stack, Queue, Tree, Graph, dan Hash Table. Struktur data membantu software engineer menyusun dan mengelola data secara efisien.

2. Menguasai bahasa pemrograman

Selain algoritma dan struktur data, menguasai bahasa pemrograman juga menjadi hal yang harus dikuasai bagi mereka yang bercita-cita menjadi software engineer.

Keterampilan teknis ini perlu dikuasai dengan baik agar dapat memberikan instruksi yang akurat untuk membuat dan menjalankan program.

Ada banyak opsi yang dapat dipilih saat belajar bahasa pemrograman sesuai dengan tujuanmu. Contohnya, untuk menjadi front-end developer, kamu dapat memulai dengan mempelajari HyperText Markup Language (HTML), Cascading Style Sheets (CSS), dan JavaScript.

Keahlian dalam berbagai bahasa pemrograman akan menjadi aset berharga dalam mencapai karier yang sukses.

Baca juga: 12 Kampus Luar Negeri Beasiswa LPDP yang Masih Jarang Dilirik

3. Menguasai dan mengikuti perkembangan tools

Keterampilan berikutnya yang harus dikuasai seorang software engineer adalah menguasai dan mengikuti perkembangan tools.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com