Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa Mau Jadi "Software Engineer"? Kuasai 6 Keterampilan Ini

KOMPAS.com - Ada beberapa profesi yang di masa akan datang makin dibutuhkan. Salah satunya bidang software engineering.

Menurut perkiraan Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada tahun 2030 mendatang, Indonesia masih memerlukan 9 juta talenta di bidang IT.

Dari jumlah tersebut, sekitar 2.5 juta talenta IT akan sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Jika kamu tertarik belajar bidang IT khususnya pada bidang software engineering, ada beberapa keterampilan yang perlu dimiliki.

Keterampilan yang harus dikuasai software engineer

Dilansir dari laman Telkom University, Rabu (20/12/2023) ada minimal 6 keterampilan yang harus dikuasai agar dapat mencapai karir yang gemilang di dunia software engineering. Simak informasi berikut ini:

Mahasiswa yang masih asing dengan istilah software engineering, berikut penjelasannya. Software engineer adalah seorang ahli yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan membangun produk perangkat lunak, sistem, atau aplikasi.

Mereka melewati serangkaian langkah, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan antarmuka pengguna, konstruksi, hingga pengujian, sebelum akhirnya berhasil menciptakan sebuah produk perangkat lunak.

Pekerjaan software engineering menawarkan peluang besar untuk berkembang dan melangkah lebih maju dalam karier. Mahasiswa yang ingin berkarier menjadi seorang software engineer, berikut 6 keterampilan yang harus kamu kuasai.

1. Memahami algoritma dan struktur data

Jika kamu ingin menjadi seorang software engineer maka algoritma dan struktur data menjadi hal yang penting untuk dikuasai. Struktur data melibatkan cara menyusun dan mengatur data terstruktur dalam sistem komputer atau basis data sehingga bisa diakses dengan mudah.

Beberapa jenis struktur data yang perlu dikuasai meliputi Array, Linked List, Stack, Queue, Tree, Graph, dan Hash Table. Struktur data membantu software engineer menyusun dan mengelola data secara efisien.

2. Menguasai bahasa pemrograman

Selain algoritma dan struktur data, menguasai bahasa pemrograman juga menjadi hal yang harus dikuasai bagi mereka yang bercita-cita menjadi software engineer.

Keterampilan teknis ini perlu dikuasai dengan baik agar dapat memberikan instruksi yang akurat untuk membuat dan menjalankan program.

Ada banyak opsi yang dapat dipilih saat belajar bahasa pemrograman sesuai dengan tujuanmu. Contohnya, untuk menjadi front-end developer, kamu dapat memulai dengan mempelajari HyperText Markup Language (HTML), Cascading Style Sheets (CSS), dan JavaScript.

Keahlian dalam berbagai bahasa pemrograman akan menjadi aset berharga dalam mencapai karier yang sukses.

3. Menguasai dan mengikuti perkembangan tools

Keterampilan berikutnya yang harus dikuasai seorang software engineer adalah menguasai dan mengikuti perkembangan tools.

Sebagai seorang software engineer, terdapat berbagai alat bantu atau tools yang sangat berguna. Berikut adalah beberapa contoh software/tools yang dapat memudahkan pekerjaan sebagai seorang software engineer:

  • GitHub dikenal sebagai salah satu tools pengembangan perangkat lunak terbaik. Tools pengembangan perangkat lunak berbasis cloud yang memungkinkan pengembang berkolaborasi dalam berbagi dan meninjau kode, serta mengelola proyek perangkat lunak.
  • Azure adalah alat pengembangan perangkat lunak yang diandalkan untuk membangun, mendeploy, dan mengelola aplikasi web. Azure mendukung banyak bahasa pemrograman, framework, dan sistem operasi.
  • CodeEnvy adalah platform pengembangan workplace dan Integrated Development Environment (IDE) berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk coding, building, dan debugging kode.
  • Bugzilla adalah tools open-source yang berguna untuk mengidentifikasi error dan bug sebuah perangkat lunak sekaligus memberikan saran perbaikan.
  • Patch My PC merupakan tools yang membantu seorang software engineer untuk melakukan maintenance rutin. Layanan pembaruan software portable gratis ini dapat mengidentifikasi program usang dan melakukan full update.

4. Menguasai skill komunikasi yang baik

Menguasai skill komunikasi yang baik tidak hanya dibutuhkan seorang software engineer, tapi semua profesi juga membutuhkan keterampilan ini. 

Dalam dunia software engineering, kemampuan berkomunikasi tetap menjadi soft skill yang sangat penting.

Keahlian komunikasi berkaitan dengan kemampuan bekerja sama baik dalam tim maupun antar-tim. 

5. Memahami konsep bisnis

Dengan memiliki pengetahuan industri yang kuat, seseorang akan lebih mudah memahami konsep bisnis di dalam sektor industri tersebut, termasuk alur bisnis dan model bisnis.

Pemahaman terhadap konsep bisnis memang tidak menjadi hal yang utama, tetapi akan sangat memudahkanmu dalam beradaptasi dan berkolaborasi.

6. Menguasai framework

Framework adalah struktur kerja yang dibuat untuk memudahkan menyusun kode secara terstruktur.

Dalam pengembangan web, terdapat beberapa kategori, yaitu front-end, back-end, dan function framework. Pengetahuan mengenai framework yang ramah terhadap SEO dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi seorang software engineer.

Itulah keterampilan yang harus dikuasai software engineer. Meskipun banyak keterampilan dan pengetahuan yang harus dikuasai, namun semua hal ini akan sangat bermanfaat saat berada di dunia kerja.

https://edukasi.kompas.com/read/2023/12/20/093000871/mahasiswa-mau-jadi-software-engineer-kuasai-6-keterampilan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke