Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untar Berkomitmen Tingkatkan Sinergi Baik dengan Media

Kompas.com - 24/12/2023, 14:09 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) adalah salah satu universitas swasta terakreditasi unggul di Jakarta. Untar tidak hanya berfokus pada pengembangan akademik, tetapi juga berupaya membangun hubungan baik dengan berbagai pihak, termasuk media.

Menurut Kepala Kantor Humas Untar, Paula T. Anggarina, relasi antara media menjadi penting bagi Untar dalam menyampaikan informasi dan prestasi yang telah dicapai oleh universitas, fakultas, dosen, dan mahasiswa.

Baca juga: Humas Untar Terima Penghargaan Tertinggi pada Anugerah Diktiristek 2023

Media juga berperan sebagai jembatan komunikasi antara Untar dan masyarakat luas.

“Relasi dengan media yang telah dijalin Humas Untar sejauh ini telah memberikan banyak hal positif. Media menjadi bagian penting dalam membangun reputasi Untar, terutama dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat akan berbagai prestasi yang dicapai,” ucapnya dalam Media Gathering Untar 2023 dengan tema “Relasi Media Melalui Humas PTS: Refleksi Menuju 2024” di Mercure Hotel BSD, Jumat (22/12/2023).

Paula menjelaskan, sinergi yang akan dijalin dengan media tidak hanya terjadi dalam liputan, tetapi juga mencakup kegiatan seperti pelatihan penulisan, kunjungan media, kerjasama kegiatan, pertemuan media, dan dukungan beasiswa studi lanjut.


Lebih lanjut, dia menjelaskan semua upaya yang dijalankan Untar dengan berkolaborasi bersama media telah berjalan dengan sangat baik.

“Terdapat 418 berita Untar yang dirilis media massa sepanjang 2023. Hal ini merupakan salah satu bukti sinergi yang baik antara Untar dan media,” ucapnya.

Wanita yang mendapatkan Silver Winner di subkategori Insan Humas Anugerah Diktiristek 2023 ini juga menerangkan bahwa Media Gathering ini diselenggarakan sebagai sebuah bentuk apresiasi sekaligus mempererat hubungan baik dengan rekan-rekan media.

Paula berharap apa yang dilakukan oleh Humas Untar dalam menjalin relasi baik dengan media dapat dicontoh oleh perguruan tinggi lain. Sebab dengan begini terdapat keuntungan untuk meningkatkan reputasi universitas.

Baca juga: Pendaftaran Kedokteran Untar 2024/2025 Dibuka, Cek Biaya Kuliahnya

Rektor Untar, , M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng., menginginkan peningkatan kolaborasi di tahun 2024. Beliau berpendapat bahwa masih ada banyak potensi kerja sama yang dapat dijalin antara Untar dan media, yang berpotensi membawa perubahan positif bagi Indonesia dan dunia.

Salah satunya, dengan mendorong pakar-pakar dan akademisi yang dimiliki Untar untuk menjadi narasumber di media apabila diperlukan. Hal ini dilakukan guna menjawab kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sejak didirikan pada tahun 2013, Humas Untar telah meraih sejumlah prestasi. Pada tahun 2023 ini prestasi mereka bertambah dengan memperoleh penghargaan pada Anugerah Diktiristek 2023, Humas Untar menerima tiga penghargaan sekaligus untuk kategori PTS, yaitu Gold Winner subkategori Laman dan Media Sosial, serta Silver Winner untuk Kahumas Untar Dra. Paula T. Anggarina, M.M. di subkategori Insan Humas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com