Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar UM Surabaya: 7 Cara agar Anak Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Kompas.com - 25/12/2023, 18:45 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anak-anak menjadi mudah sakit saat musim hujan tiba salah satunya karena sistem kekebalan tubuhnya masih belum sekuat orang dewasa.

Hal itu dikatakan oleh Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Gina Noor Djalilah.

Gina menjelaskan beberapa penyakit yang sering muncul di musim hujan seperti diare atau gastroenteritis (kolera), influenza, demam berdarah, tifus, leptospirosis, hepatitis A, hingga penyakit kulit.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini 6 Penyebab Gigi Sensitif

Menurutnya, faktor lain yang menyebabkan tingginya kasus anak-anak terkena penyakit saat musim hujan diantaranya tingkat kelembaban yang tinggi, berkurangnya paparan sinar matahari dan banjir yang banyak membawa limbah dari sungai atau selokan

Untuk mencegah penyakit yang biasa marak saat musim penghujan, Gina membagikan beberapa tips yang harus dilakukan orang tua agar kondisi anak tetap sehat di musim hujan.

Pertama, Gina mengatakan agar orangtua selalu menyiapkan peralatan pelindung hujan.

Peralatan pelindung hujan meliputi payung, jas hujan, dan sepatu hujan agar anak terhindar dari basah kuyup. Menurutnya air hujan yang menggenang di jalan-jalan terkontaminasi dengan berbagai bakteri.

Baca juga: Dosen UM Surabaya Beri 5 Tips Atasi Kaki Bengkak bagi Ibu Hamil

“Kedua menutup wadah penampungan air. Nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak di air yang tergenang yang bersih,” jelas Gina dilansir dari laman UM Surabaya.

Gina mengatakan orangtua perlu mengosongkan atau menutup wadah penampungan air di sekitar rumah sangat penting dilakukan untuk mencegah nyamuk berkembang biak di dalamnya.

“Hindari juga gigitan nyamuk dengan menggunakan obat anti nyamuk, memasang kasa anti nyamuk, dan sebagainya,” imbuhnya.

Cara yang ketiga adalah menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga lingkungan tetap bersih selama musim hujan mencegah nyamuk dan hewan penyebab penyakit lainnya berkembang biak dan mengerumuni rumah.

“Keempat, pastikan anak minum air bersih dan matang sempurna. Sejumlah penyakit, seperti diare dan kolera, disebabkan oleh asupan air yang terkontaminasi. Selalu pastikan anak minum air yang bersih dan aman untuk mencegah infeksi dan penyakit,” kata Gina lagi.

Kelima membimbing anak untuk mencuci tangan dengan benar. Gina menerangkan, mencuci tangan dengan benar dapat membantu melindungi anak dari kuman dan infeksi virus yang dapat ditularkan melalui berbagai cara (memegang benda-benda milik umum, kontak dengan orang yang sedang sakit).

“Langkah keenam untuk mencegah anak sakit saat musim hujan tiba adalah dengan melakukan vaksinasi,”tegasnya.

Vaksinasi adalah salah satu cara terpenting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Orang tua dapat berbicara dengan dokter mengenai vaksinasi yang tepat untuk anak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com