Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Pusat Kajian Kepolisian, USU Kolaborasi dengan Polri

Kompas.com - 25/12/2023, 20:03 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan audiensi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Kepolisian Negara Republik Indonesia pada Selasa (19/12/2023).

Audiensi tersebut membahas kolaborasi antara USU dan Kepolisian RI yang terkait pengelolaan kelembagaan universitas, peningkatan kualitas akademik, strategi pencapaian reputasi, maupun program lanjutan kolaborasi riset dan publikasi.

"Atas nama Rektor Universitas Sumatera Utara, kami menyambut baik kunjungan Bapak atau Ibu dari Lemdiklat Kepolisian Negara Republik Indonesia," kata Wakil Rektor III USU, Prof Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, dilansir dari laman resmi USU, Senin (25/12/2023).

Baca juga: Syarat Masuk STMKG 2023, Kuliah Gratis Lulus Jadi CPNS di BMKG

Selain kerja sama itu, USU juga akan bekerja sama dengan Polri untuk membangun Pusat Kajian Kepolisian. Hal ini diinisiasi karena Sumatera Utara memiliki peran penting dalam berbagai kegiatan kepolisian di Indonesia.

Pendekatan multidisiplin ini juga diharapkan bisa memberikan kontribusi signifikan untuk penguatan institusi Kepolisian Republik Indonesia.

"Ini akan memberikan sumbangsih bagi penguatan institusi Kepolisian Republik Indonesia, terutama untuk rekan-rekan di kepolisian daerah di Sumatera Utara," ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian USU, Edy Ikhsan.

Melihat kerja sama itu, Kepala Biro Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Polri Susilo Teguh Raharjo menegaskan, nantinya juga akan dilakukan secara teknis untuk membentuk kerja sama yang berkaitan dengan tugas pendidikan dan pelatihan di Polri.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Sekolah Tinggi Intelijen Negara dan Syarat Masuknya

Serta akan ditingkatkannya perumusan atau penyatuan persepsi tentang ilmu kepolisian agar dapat dikembangkan dalam rangka membekali calon polisi.

Adapun implementasi kerja sama itu diusahakan dapat terlihat dalam waktu tiga bulan.

"Tentunya pertimbangan kenapa kami memilih USU, karena USU di lingkungan akademisi dipandang memberikan banyak kontribusi bidang keilmuan," jelas Susilo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com