Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Ekstrakurikuler Karya Tulis Ilmiah Remaja bagi Siswa

Kompas.com - 20/01/2024, 13:06 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa ekstrakurikuler di sekolah jenjang SMA yang bisa dipilih. Salah satunya ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja.

Ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja adalah kegiatan di luar jam pelajaran yang memfokuskan pada penelitian dan penulisan karya ilmiah.

Karya tulis ilmiah remaja merupakan sebuah karya tulis yang berisi hasil penelitian yang dilakukan oleh siswa secara individual maupun kelompok.

Tahukah kamu bahwa ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja ini mendatangkan banyak manfaat bagi siswa. Tidak hanya saat berada di SMA, manfaat ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja juga bisa dirasakan saat kamu duduk di bangku perguruan tinggi.

Baca juga: Cara Memilih Ekstrakurikuler yang Tepat bagi Siswa SMA

Manfaat Ekstrakurikuler Karya Tulis Ilmiah Remaja 

Sehingga siswa yang masih bingung mengikuti ekstrakurikuler apa, bisa mempertimbangkannya.

Dilansir dari laman resmi sekolah SMA Dwiwarna Bogor, Sabtu (20/1/2024) berikut beberapa manfaat ikut ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja yang perlu diketahui siswa:

1. Pengembangan keterampilan penelitian

Manfaat ikut ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja yang pertama adalah membantu siswa untuk memahami lebih baik mengenai langkah-langkah metodologi penelitian. Baik itu mulai dari perumusan pertanyaan penelitian hingga analisis data.

Mengembangkan keterampilan ini siswa akan belajar mendapatkan data valid dengan melakukan tahapan penelitian yang dilakukan. Tentunya sesuai dengan metode penelitian yang benar.

2. Meningkatkan keterampilan menulis ilmiah

Membuat karya tulis ilmiah bukanlah hal yang mudah, akan tetapi dengan memahami proses metode penelitian maka akan memperlancar penulisan.

Kegiatan ekstrakurikuler ini tidak hanya membantu siswa menyusun ide-ide dengan cara yang sistematis dan jelas, tetapi dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah.

Baca juga: Jadwal Libur Sekolah dan Ujian PTS-PAT Siswa SD-SMA Jakarta 2024

3. Pengembangan minat dan pengetahuan

Melalui ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi minat secara mendalam dalam berbagai bidang pengetahuan.

4. Memperluas wawasan dan komunikasi

Melalui berbagai penelitian yang dilakukan maka setiap siswa dapat memperluas wawasan terhadap hal-hal baru. Selain itu, siswa bisa belajar membangun komunikasi yang searah melalui diskusi maupun presentasi ilmiah.

Dalam penulisan karya ilmiah, memahami metode penelitian memang penting, tetapi komunikasi juga tidak kalah pentingnya. Terutama jika melakukan penulisan karya ilmiah secara berkelompok.

5. Persiapan kompetisi ilmiah

Saat ini ada banyak kompetisi karya tulis ilmiah yang bisa diikuti. Bagi siswa yang ingin berpartisipasi mengikuti kompetisi ini maka memilih ekstrakurikuler karya tulis ilmiah menjadi pilihan yang tepat.

Melalui ekstrakurikuler ini menjadi dasar bagi siswa untuk memperdalam penulisan karya tulis ilmiah yang baik. Siswa juga dapat mengembangkan keterampilan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Bahkan apabila kamu berhasil meraih juara dalam perlombaan karya tulis ilmiah remaja, ada kemungkinan kamu bisa mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur prestasi. 

Baca juga: Biaya Kuliah UGM Per Semester Jalur Mandiri, Termahal UKT Kedokteran

Demikian informasi mengenai manfaat ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja yang perlu diketahui para siswa.

Setelah tahu manfaatnya, apakah kamu tertarik mengikuti ekstrakurikuler karya tulis ilmiah remaja di sekolah?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com