Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Karier.mu dan Wall Street English Gelar Workshop Menulis CV Gratis

Kompas.com - 07/02/2024, 19:26 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com - Salah satu mitra digital platform Prakerja, Karier.mu, melakukan kolaborasi bersama Wall Street English untuk menggelar workshop menulis curriculum vitae (CV) gratis. Acara bertema “Career Booster: Writing Winning CV” digelar di Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Kegiatan workshop menulis CV yang dipersiapkan pada kolaborasi antara Karier.mu dan Wall Street English bertujuan untuk membantu angkatan kerja agar dapat melihat CV mereka dengan lebih kritis, membantu individu memahami pentingnya CV dalam proses melamar pekerjaan dan cara mempromosikan diri kepada calon pemberi kerja.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada workshop tersebut meliputi panduan penyusunan CV, termasuk feedback CV yang terpersonalisasi, membangun network dengan para profesional karier, dan strategi meningkatkan kompetensi.

Khusus pada kegiatan tersebut, Karier.mu memberikan voucer asesmen karier gratis untuk seluruh peserta workshop yang dapat digunakan untuk mengetahui rencana karier sekaligus mengidentifikasi perkembangan keterampilan.

Baca juga: Bersiap Ikut Program Prakerja 2024, Karier.mu Tawarkan 9 Bidang Kompetensi Pelatihan

Sebagai informasi, Karier.mu sudah menjadi mitra Prakerja sejak 2020. Hingga saat ini, Karier.mu sudah bekerja sama dengan lebih dari 400 lembaga pelatihan di Indonesia dalam penyediaan program pelatihan berkualitas.

Selain itu, sesuai dengan konfirmasi yang dilakukan oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) bahwa Prakerja akan tetap berjalan pada 2024, Karier.mu juga melakukan pendampingan bagi individu-individu yang belum pernah mengikuti program Kartu Prakerja, salah satunya melalui kolaborasi yang dilakukan bersama Wallstreet.

Pendampingan yang dilakukan, yaitu saat pendaftaran menjadi peserta Prakerja pada 2024 agar dapat menikmati manfaat program dari pemerintah berupa pelatihan peningkatan kompetensi kerja, dan dana insentif penyelesaian pelatihan.

“Mengingat kami sedang dalam pemenuhan aspek substansi dan teknis untuk pelaksanaan Prakerja pada 2024, Karier.mu secara juga akan mendampingi calon peserta Prakerja untuk dapat mengikuti Program Kartu Prakerja 2024, salah satunya melalui kegiatan workshop bersama Wall Street English ini” ujar Chief of Karier.mu, Rangga Septyadi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (7/2/2024).

Baca juga: Karier.mu Berikan Modal Tambahan untuk Peserta Prakerja, Ini Caranya

Perlu diketahui, pendaftaran sebagai peserta Prakerja juga dapat dilakukan secara mandiri. Dilansir dari laman prakerja.go.id, masyarakat hanya perlu melalui beberapa tahapan berikut:

  1. Mengisi data diri pada halaman https://www.karier.mu/blog/DaftarPrakerja.
  2. Melakukan verifikasi e-KTP mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera smartphone.
  3. Lakukan verifikasi wajah dengan cara scan (pindai) wajah sambil berkedip. Ikuti panduan berikut saat melakukan verifikasi wajah. Pertama, pastikan wajah terlihat dengan pencahayaan yang cukup, tidak buram, dan tidak gelap. Kedua, pastikan verifikasi wajah dengan posisi lurus atau tidak miring. Ketiga, pastikan area wajah terlihat jelas tanpa menggunakan aksesori (kacamata atau masker). Lalu, kedipkan mata untuk verifikasi wajah. Terakhir, verifikasi wajah yang diambil tidak perlu disertai KTP.
  4. Lanjut ke tahapan selanjutnya dengan menjawab pertanyaan pertanyaan mengenai alasan kamu ikut Kartu Prakerja sesuai dengan keadaan sesungguhnya.
  5. Jawab pertanyaan mengenai minat dan keterampilan pelatihan. Kamu akan ditanyakan mengenai status pekerjaan, jenis pekerjaan, jenjang pendidikan dan keterampilan yang diminati dengan jujur.
  6. Verifikasi nomor handphone.
  7. Setelah itu, peserta wajib mengerjakan Tes Kemampuan Dasar (TKD)/Soal Kemampuan Belajar (SKB). Pertanyaan dalam Tes tidak dapat disebarluaskan.
  8. Setelah menyelesaikan tes, klik Gabung Gelombang, dan pilih gelombang Prakerja yang akan diikuti.
  9. Terakhir akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan, klik Saya Menyetujui dan proses pendaftaran kamu selesai.
  10. Selanjutnya, tunggu notifikasi kelolosan melalui SMS dan email setelah penutupan Gelombang. Jika belum lolos, Anda bisa mengikuti gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com