Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik Depok Siapkan Teguran ke Swasta

Kompas.com - 17/05/2010, 14:25 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Depok menyatakan berhak menegur sekolah-sekolah swasta yang tidak bisa memertahankan pretasi akademik siswa di sekolahnya, khususnya dikaitkan dengan anjloknya angka ketidaklulusan siswa SMP di Kota Depok yang didominasi oleh sekolah-sekolah swasta.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Depok Muhammad Nurdin di sela berlangsungnya ujian nasional (UN) ulang di SMPN 3 Depok, Depok Timur, Senin (17/5/2010). "Kami berhak menegur swasta terutama karena teguran ini dikaitkan antara kinerja dan bantuan yang kami berikan selama ini, dalam hal ini adalah dana BOS," ujar Nurdin kepada Kompas.com.

Nurdin menuturkan, ada tiga pintu teguran yang akan dilalui oleh Disdik terhadap sekolah-sekolah swasta tersebut. Pertama, kata dia, teguran disampaikan melalui pintu perpanjangan izin operasional sekolah.

"Kalau terus-menerus anjlok dan sama sekali tidak membawa perbaikan pada prestasi siswa, kami bisa menghentikan izin operasionalnya," ujar Nurdin.

Kedua, lanjut Nurdin, melalui  perpanjangan masa bakti kepala sekolah yang menjabat selama 2 tahun untuk satu periode. Nurdin mengatakan, Disdik bisa melakukan intervensi langsung jika buruknya prestasi siswa terkait kinerja kepala sekolah.

"Ketiga, segala bantuan baik itu bantuan fisik maupun nonfisik akan kami stop. Terus terang, tujuan pemberian bantuan itu kan untuk mengejar ketertinggalan sebuah sekolah pada sekolah lainnya yang sudah lebih baik, sehingga kami anggap bahwa buruknya prestasi merupakan cermin buruknya kinerja. Buat apa dibantu kalau kinerja mereka buruk?" tambah Nurdin. 

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk wilayah Kota Depok tingkat kelulusan siswa SMP pada UN 2010 meningkat 1,82 persen dibanding tahun lalu. Pada 2009, tingkat kelulusan 95,44 persen, tapi tahun ini naik menjadi 97,26 persen. Hanya saja, angka ketidaklulusan siswa didominasi siswa sekolah swasta. Terhitung, 430 siswa sekolah swasta tidak lulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com