Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lewatkan... Berbagi Info Beasiswa APU ke Jepang!

Kompas.com - 11/07/2013, 14:14 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin telah banyak yang mengetahui, jika konsep lingkungan kampus internasional menjadi daya tarik Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), Beppu, Jepang. Lebih dari 40 persen mahasiswa internasional di perguruan tinggi ini berasal dari 81 negara di dunia, sehingga menjadikan APU sebagai lingkungan kampus paling Internasional di Jepang.

Perkuliahan di Ritsumeikan APU diselenggarakan dalam dua bahasa; Inggris dan Jepang. Dengan demikian, pelajar asing atau internasional yang ingin kuliah di sini tidak diwajibkan memiliki kemampuan bahasa Jepang terlebih dahulu.

Lebih dari 95 persen lulusan Ritsumeikan APU mampu bersaing di bursa kerja secara global. Ini merupakan angka tingkat sukses yang sangat tinggi.

"Karena mahasiswa di sini tidak hanya disiapkan dari sisi kemampuan akademis semata. Beberapa faktor penting tidak luput dari perhatian sistem pendidikan di APU adalah soft skills para mahasiswanya, meliputi kemampuan komunikasi, saling pengertian (mutual understanding) dengan orang dari berbagai latar belakang budaya, kemampuan kerjasama (teamwork), kepribadian kuat dan mandiri, serta kecakapan memimpin atau leadership skill," ujar Dahlan Nariman, Vice-Dean of Admissions, Associate Professor, Education Development and Learning Support Center (EDLSC) kepada Kompas.com, Kamis (11/7/2013).  

M Latief/KOMPAS.com Untuk kegiatan berbau Indonesia, kampus ini bahkan tersohor dengan kegiatan tahunannya, yaitu Indonesia week. Ini merupakan kegiatan promosi budaya Indonesia, yang merupakan salah satu aktivitas untuk menempa soft skills mahasiswanya.
Tidak hanya sekedar teori di kelas. Secara langsung para mahasiswa juga bisa melakukan praktik dalam dinamika kehidupan kampus yang sangat internasional tadi. Untuk kegiatan berbau Indonesia, kampus ini bahkan tersohor dengan kegiatan tahunannya, yaitu Indonesia week. Ini merupakan kegiatan promosi budaya Indonesia, yang merupakan salah satu aktivitas untuk menempa soft skills mahasiswanya.

Memang, kuliah di Ritsumeikan APU mahal. Tetapi, bagi calon mahasiswa asing, APU menyediakan beasiswa pengurangan biaya studi, terutama untuk calon mahasiswa dari Negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Tertarik? Jika demikian, APU akan menyelenggarakan seminar dan sesi berbagi informasi pada:

  • Tanggal : Sabtu, 13 Juli, 2013
  • Waktu : Sesi I : Jam 11.00 - 12.00/Sesi II: Jam 14.00 - 15.00
  • Catatan: Diselenggarakan dalam bahasa Indonesia.
  • Tempat : APU Indonesia Information Center
  • Alamat : Summitmas Tower I-10th Floor, Jend. Sudirman Kav.61-62/JKT 12190/Tel.021-252-3708/3709, email: apu-ina@apu.ac.jp
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com