Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2014, 09:00 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Orange Tulip Scholarship merupakan program beasiswa yang disediakan untuk kandidat yang ingin melanjutkan studi, baik di jenjang persiapan (foundation), sarjana (S-1), maupun master (S-2). Pendaftaran beasiswa ini dibuka sampai 1 April 2015 mendatang.

"Syarat penting dan membedakan beasiswa ini dengan beasiswa studi ke Belanda lainnya adalah si pelamar harus diterima di universitas yang bersangkutan. Merekalah yang kemudian akan menyeleksi langsung. Nantinya, beasiswa yang didapatkan tergantung skema dari si universitas, bisa full atau parsial, dan itu tergantung prestasi mahasiswanya," ujar Inty Dienasari, Education Promotion Officer Netherlands Education Support Office (Neso) Indonesia, saat memaparkan beasiswa tersebut di Jakarta, Rabu (17/12/2014).

Namun, lanjut Inty, mahasiswa tidak perlu khawatir. Sebagai pelajar internasional mereka punya kesempatan bekerja paruh waktu maksimal 10 jam per pekan, yang jika dihitung jumlahnya bisa lebih dari setengah biaya hidup yang dibutuhkan untuk seorang pelajar.

Bagi Anda yang tertarik, Anda harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisan yang ditunjukkan dengan skor TOEFL-iBT minimal 80 atau IELTS minimal 6.0. Pelamar beasiswa juga harus menunjukkan diri sedang menjalani proses pendaftaran atau sudah diterima di salah satu perguruan tinggi di Belanda.

Tahun ini program OTS menggandeng 26 institusi pendidikan tinggi di Belanda sebagai mitranya. Permohonan beasiswa ini bisa diajukan ke institusi pendidikan Belanda pilihannya dan Nuffic Neso Indonesia. Bagi Anda yang tertarik, informasi tentang Orange Tulip Scholarship atau daftar perguruan tinggi yang berpartisipasi pada program beasiswa ini bisa dilihat di www.nesoindonesia.or.id.

Adapun pendaftaran paling lambat secara umum ditunggu sampai 1 April 2015, dan beberapa skema lainnya memiliki tenggat waktu berbeda. Informasi selengkapnya bisa disimak pada laman www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/orange-tulip-scholarship.

Semakin besar

Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker mengatakan bahwa kesempatan pelajar Indonesia untuk meraih beasiswa dan menimba ilmu di Belanda tetap terbuka lebar lewat beasiwa ini. Tahun ini jatah beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) semakin besar.

Tahun lalu OTS menyediakan 40 beasiswa dengan total 400.000 Euro untuk kandidat asal Indonesia. Tahun ini, akan ada 39 skema beasiswa berbeda untuk 69 calon penerimanya dengan total nilai mencapai 713.250 Euro atau sekitar Rp 11,2 miliar lebih.

"Kalau dibandingkan dengan beasiswa tahun lalu jelas lebih banyak. Karena memang lebih banyak lagi universitas di Belanda yang berpartisipasi memberi beasiswa ini. Kenaikannya sampai 18 persen dan lebih banyak skema beasiswa hingga 48 persen," ujar Mervin.

Baca juga: Kuliah di Luar Negeri, Gengsi atau Kebutuhan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com