Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Keragaman Pendidikan dan Budaya Indonesia Peringati 50 Tahun SEAMEO

Kompas.com - 07/10/2015, 18:48 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran pendidikan dan kebudayaan Indonesia dalam rangka meramaikan 50 tahun berdirinya Organisasi Menteri-menteri Pendidikan di Asia Tenggara atau Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) digelar di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (7/10/2015). Sekitar 25 stand dari masing-masing perwakilan SEAMEO Centre di Indonesia, intansi pendidikan hingga pemerhati budaya.

Pameran bertajuk "50 Tahun Kerja Sama Pendidikan untuk Pembangunan Regional yang Berkelanjutan" itu akan berlangsung selama dua hari hingga Kamis (8/10/2015). SEAMEO memamerkan keenam perwakilan regionalnya, yaitu SEAMEO Biotrop, SEAMEO Qitep in Mathematics, SEAMEO Qitep in Languange, SEAMOLEC, SEAMEO Qitep in Sciene dan SEAMEO Recfon.

"Pameran hari ini tidak hanya menunjukkan keberagaman budaya nasional Indonesia, tapi juga kontribusi SEAMEO terhadap kualitas pendidikan dan kemajuan bidang agrikultur, maritim dan kesehatan," kata Direktur Sekretariat SEAMEO, Gatot Hari Priowirjanto, pada pembukaan acara tersebut di Gedung Kemendikbud, Jakarta.  

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi mengatakan bahwa kehadiran SEAMEO di bidang matematika, biotrop, kesehatan, bahasa, sains dan lainnya diharapkan dapat dimanfaatkan para pelajar di seluruh Indonesia.  

"Banyak yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan di Indonesia. Mulai tahun ini kami berharap bisa goes to school agar siswa dan guru bisa mengembangkan penelitian dan pembelajarannya sesuai minat. Ke depannya research center SEAMEO itu adalah sekolah,” ucap Didik.

Selain pameran, panitia juga mengadakan seminar dan SEAMEO Night puncak acara malam ini. Tak hanya ke enam regional SEAMEO yang berpartisipasi pada pameran pendidikan dan kebudayaan tersebut, melainkan juga instansi pendidikan sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan enam regional center sesuai bidangnya. 

Salah satunya adalah regional SEAMEO Biotrop yang fokus pada bidang penelitian pertanian bekerja sama dengan SMK Negeri 63 Jakarta. Lewat kerjasama tersebut para siswa bisa mengembangkan penilitiannya sesuai arahan dari SEAMEO Biotrop sebagai pengawas.

Baca juga:  Dibuka… Beasiswa untuk Dosen, Guru, dan Praktisi Pendidikan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com