Kompas.com - 30/09/2015, 06:48 WIB
SEAMEO RELC terbuka bagi pengajar dan tenaga ahli bahasa, seperti dosen, guru, pekerja swasta, serta pegawai negeri bidang terkait. ThinkstockSEAMEO RELC terbuka bagi pengajar dan tenaga ahli bahasa, seperti dosen, guru, pekerja swasta, serta pegawai negeri bidang terkait.
|
EditorLatief


KOMPAS.com – Banyak peluang beasiswa masih terbuka bagi para guru atau pendidik dan praktisi pendidikan, baik berupa beasiswa kursus maupun pendidikan lanjutan. Tak terkecuali, kesempatan melakukan penelitian.

Salah satu peluang besar yang tersedia itu datang dari Southeast Asia Ministers of Education Organization atau Organisasi Menteri Pendidikan di Asia Tenggara (SEAMEO). Organisasi internasional yang didirikan pada 1965 ini mempromosikan kerjasama di bidang pendidikan, Sains dan budaya di Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri saat ini telah terdapat enam SEAMEO Regional Centres, yaitu: SEAMEO BIOTROP, SEAMEO SEAMOLEC, SEAMEO RECFON, SEAMEO QITEP in Language, SEAMEO QITEP in Mathematics, dan SEAMEO QITEP in Science. Terkait beasiswa dan penelitian, simak selengkapnya berikut ini:

SEAMEO Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP)

Didirikan pada 1968, dan berlokasi di Bogor, Indonesia, kegiatan utama SEAMEO BIOTROP fokus pada hutan, hama dan biologi perairan. BIOTROP membantu Negara Anggota SEAMEO dalam mengembangkan keahlian untuk mengidentifikasi, memprioritaskan, menganalisa dan merekomendasikan solusi dan pendekatan alternatif untuk masalah biologis kritis di wilayah Asia Tenggara, terutama yang terkait dengan pembangunan berkelanjutan dari ekosistem tropis.

Beberapa program menarik SEAMEO BIOTROP dalam lima tahun terakhir antara lain: 

- menghasilkan 40 lulusan doktoral penerima beasiswa di 12 institusi akademik di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- Menghasilkan 113 penelitian tingkat nasional dan regional dan 74 artikel di berbagai jurnal bereputasi internasional.

- Menyelenggarakan 90 pelatihan dan aktivitas pengembangan SDM tingkat nasional dan interasional yang diikuti 3.782 orang.

- Menghasilkan 160 nota kesepahaman dengan 139 organisasi nasional dan 21 organisasi internasional.

- Menerima 300 peserta magang tingkat SMU di Laboratorium kultur jaringan BIOTROP, rata-rata 2.500 pengunjung laboratorium BIOTROP, >560 siswa magang tingkat SMA dan SMK dan penelitian mahasiswa dari 84 universitas.

- Memberikan pelatihan untuk pengajar sekolah kejuruan dan kalangan masyarakat lainnya yang ingin memperoleh keterampilan dalam bidang kultur jaringan untuk pengembangbiakkan tanaman.

SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAMEO QITEP in Language)

Didirikan pada 2009 dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, SEAMEO QITEP untuk Bahasa menawarkan kursus dan program pelatihan bagi pendidik dan pengembangan guru.

Terletak di Jakarta, SEAMEO QITEP untuk Bahasa mempromosikan program dan kegiatan yang meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan di bidang bahasa. Berikut ini beberapa pencapaiannya:

- Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Metodologi Pengajaran Bahasa (Arab,  Jepang,  Jerman, Mandarin,  BIPA) dan Metodologi Riset Pengajaran Bahasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.