Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Penerima Beasiswa LPDP "Buka Rahasia" di Museum Bank Mandiri!

Kompas.com - 22/01/2016, 11:15 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan dan menunjukkan rasa cinta pada tanah air Indonesia. Salah satunya dengan membuka wawasan tentang Indonesia.

Banyak kesempatan untuk membuka kembali wawasan tentang Indonesia yang begitu kaya. Salah satunya lewat upaya para penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) RI angkatan 53, yang menggelar Gempita Bianglala Khatulistiwa, Sabtu (23/1/2016), di Museum Bank Mandiri, Kota Tua.

GBK merupakan gabungan bermacam kegiatan budaya, kesehatan hingga pendidikan. Acara tersebut menjadi penutup rangkaian kegiatan Persiapan Keberangkatan (PK) penerima beasiswa LPDP angkatan 53. 

Acara 'Opera Bianglala–Pejuang Mimpi', misalnya. Pementasan teater-flashmob-tari-musik dan fashion show ini digelar untuk menceritakan kisah hidup anak negeri yang memperjuangkan mimpi-mimpinya demi masa depan Indonesia lebih baik.

Adapun 'Para Pejuang Mimpi' adalah para penerima Beasiswa LPDP yang telah dititipkan misi untuk menjadi calon pemimpin masa depan. Mereka diharapkan dapat memperjuangkan kedaulatan dan memajukan negara Indonesia, bukan lagi dengan senjata, namun akal budi dan rasa cinta pada tanah air.

"Hal menarik, di sini juga ada gelar jajanan nusantara. Pengunjung bisa mencicipi jajanan dari berbagia daerah di Indonesia," ujar Kurnia Sukma Adiguna, Public Relation & Media Partner Officer GBK, Jumat (22/1/2016).

Beasiswa

Bagi Anda yang ingin meraih studi dengan beasiswa, GBK bisa dijadikan agenda penting berburu informasi. Menurut Kurnia, selain acara seremonial, panitia juga menggelar acara bertema pendidikan, khususnya informasi terkait beasiswa LPDP.

Kegiatan 'Kisah Bianglala:One on One Session' ini, misalnya. Di sini panitia menyediakan informasi beasiswa LPDP, berbagi informasi tentang langkah-langkah untuk melanjutkan studi magister/doktoral, serta tips memilih perguruan tinggi yang tepat.

Satu lagi, tutur Kurnia, adalah 'Ganesha Mengglobal'. Di sini panitia GBK memaparkan kepada para pelajar tentang simulasi tes bahasa Inggris atau IELTS Simulation. 

"Ini bentuk sarana kepedulian para penerima beasiswa LPDP untuk bisa meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris untuk para pelajar," kata Kurnia.

Sebagai catatan penting, tahun ini Kementerian Keuangan RI kembali memberikan beasiswa untuk ribuan pelajar Indonesia. Data sampai Desember 2014 lalu, Kementerian Keuangan RI melalui LPDP sudah memberikan beasiswa pada 3.025 orang pelajar. Dari jumlah itu, 950 diantaranya menempuh studi lanjut di dalam negeri, sementara 1,393 orang lainnya dikirim ke berbagai universitas di beberapa negara di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com