Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membangun Karakter Peserta Didik melalui Keteladanan Guru

KOMPAS.com - Pemerintah pusat dan daerah wajib memfasilitasi satuan pendidikan dengan pendidik dan tenaga kependidikan yang dibutuhkan untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu dan berkarakter.

Dengan pendidikan yang bermutu, guru menyiapkan peserta didik agar dapat menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan lokal, nasional, dan global.

Selain itu, para guru memberikan pendidikan yang memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga.

Demi mencapai pendidikan yang berkualitas, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) wajib mendorong pengembangan profesi guru melalui berbagai aktivitas, antara lain penulisan karya tulis ilmiah, publikasi ilmiah, dan presentasi dalam forum ilmiah.

Baca: Guru Se-Indonesia Ikut Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2017

Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Anas M. Adam mengatakan, pengembangan keprofesian guru dapat dilaksanakan melalui berbagai cara. Salah satunya, melatih kemampuan menulis karya ilmiah berupa kajian, refleksi pengalaman, analisis kritis dan penelitian.

"Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan perlu memfasilitasi kegiatan seminar untuk memublikasikan karya ilmiah para guru," kata Anas M. Adam dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa ( 21/11/2017).

Tahun ini, Ditjen GTK melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar kembali menggelar seminar nasional bagi para guru bertema “Membangun Karakter melalui Karya Guru Pendidikan Dasar.” Kegiatan itu digelar 23 hingga 26 November 2017 yang diikuti 180 guru dari 33 provinsi.

Seminar nasional tersebut merupakan salah satu rangkaian acara “Pekan Kreativitas dan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan” yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2017.

Baca: Hari Guru Nasional Tahun Ini Libatkan Seribu Guru

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut rencananya dihadiri seribu guru dan tenaga kependidikan dari seluruh Indonesia.

Pekan Kreativitas dan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan berlangsung 23 hingga 26 November 2017. Kegiatan ini merupakan wahana untuk menuangkan ide, gagasan, dan mencari solusi atas isu atau permasalahan strategis pendidikan.

https://edukasi.kompas.com/read/2017/11/21/13121281/membangun-karakter-peserta-didik-melalui-keteladanan-guru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke