Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gerakan Tanam Pohon Ajak Tanam Pohon Satu Minggu Sekali

Delegasi Belanda yang diwakili Direktur Jenderal Hubungan Politik Kementerian Luar Negeri Belanda, Andre Haspels, memang sedang melakukan kunjungan ke Indonesia, salah satunya ke Ecodome, Kebun Raya Bogor, untuk memperingati 200 tahun Kebun Raya Bogor.

Usai berdiskusi pada College Tour di Ecodome, Kebun Raya Bogor, Selasa (28/11/2017), para delegasi tersebut ikut menyempatkan diri menanam pohon bersama komunitas GTP di areal Kebun Raya Bogor dalam rangka Hari Pohon Sedunia. 

"Ini satu bentuk gerakan yang patut didukung karena konsistensinya. Merekalah yang kelak akan menghidupkan paru-paru kota," ujar Andre.

Suparno, salah satu inisiator GTP yang juga Ketua HUT ke-2 GTP, mengatakan bahwa GTP akan tetap menggalakkan gerakan tersebut. Salah satu program kegiatan tahun ini adalah penanaman pohon buah yang bernilai ekonomi tinggi.

"Tujuannya sih simpel, supaya hijau dan rindang, dan hasilnya bisa dinikmati," kata Suparno.

GTP didirikan oleh para alumni Fakultas Kehutanan IPB angkatan 28. Dari yang hanya dilakoni oleh segelintir alumni, di tahun kedua komunitas tersebut berjalan gerakan anggotanya semakin luas, mulai pelajar, mahasiswa, hingga pejabat DPRD setempat. 

"Kami upayakan konsisten bisa rutin menanam pohon minimal satu minggu sekali dan mungkin bisa lebih dari itu kalau semakin banyak yang ikut gerakan ini," ujarnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2017/11/28/22554241/gerakan-tanam-pohon-ajak-tanam-pohon-satu-minggu-sekali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke