Salin Artikel

Dipastikan, UN SMP Akan Gunakan HOTS!

Namun, lebih lanjut melalui akun resmi instagram @kemdikbud.ri menjelaskan penerapan HOTS ini akan berbeda dengan UN SMA beberapa waktu lalu.

"Ya, benar, soal UN SMP juga akan menggunakan HOTS. HOTS di SMP tentu berbeda dengan HOTS di SMA," ujar admin @kemdikbud.ri saat beberapa warganet menanyakan rumor seputar penerapan HOTS dalam UN SMP mendatang.

Kemendikbud menyampaikan, soal UN SMP nanti merupakan kombinasi soal dengan tingkat kesulitan beragam mulai dari mudah, sedang, dan sulit. Kemendikbud juga memberikan semangat kepada para peserta UN SMP.

Lebih lanjut Kemendikbud menjelaskan soal UN akan menggunakan kombinasi atau irisan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. "Secara substansi, kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 tidak jauh berbeda," ujarnya.

Sebelumnya, persoalan HOTS ini sempat membuat gaduh jagat maya ketika warganet banyak mengeluhkan soal matematika UN SMA. Warganet menganggap penerapan HOTS dalam soal UN SMA lalu, terutama Matematika, terlalu sulit dan jauh dari kisi-kisi yang pernah diberikan.

Berdasarkan laman resmi un.kemdikbud.go.id, sebanyak 28.647 sekolah tingkat SMP/MTs akan menjadi sekolah pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Setidaknya akan ada 2.004.947 siswa tingkat SMP dan 689.573 MTs yang akan mengikuti UN tahun ini.


https://edukasi.kompas.com/read/2018/04/20/14334181/dipastikan-un-smp-akan-gunakan-hots

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.