BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Universitas Indonesia
Salin Artikel

Bagaimana Perguruan Tinggi di Indonesia Menjawab Tantangan Global?

Bersama rekannya, Leonie Ascone dan Tania M. Lincoln dari Psikologi Klinis dan Psikoterapi, Universität Hamburg, Jerman, mereka berhasil mendapat kesimpulan bahwa konsep diri yang buruk dapat mengarah pada perasaan depresif dan cemas.

Bila hal itu berlangsung lama, sekira 8-12 bulan, efeknya bisa mengarah ke peningkatan gejala skizofrenia.

Sebagai informasi, skizofrenia termasuk salah satu penyakit gangguan fungsi otak dalam katergori psikologis berat. Penderita skizofrenia umumnya mengalami gejala-gejala yang menganggu seperti berhalusinasi dan kerap mendengar suara bisikan.

Singkat cerita, temuan mereka dipublikasikan pada jurnal internasional Psychological Medicine. Jurnal tersebut merupakan salah satu jurnal berpengaruh dalam bidang pengembangan ilmu psikologi.

Dalam pengembangan pengetahuan, temuan-temuan seperti itu cukup bermakna. Terlebih lagi melihat efeknya bahwa lewat temuan tersebut, cara penanganan pasien skizofrenia di dunia nantinya dapat berubah.

Untuk itulah, penelitian kolaborasi akademisi perguruan tinggi dalam negeri dengan akademisi dari universitas mancanegara patut diteruskan. Tujuannya, agar bisa memberi sumbangsih terhadap ilmu pengetahuan, seperti di bidang sosial, sains dan kesehatan.

Pada dasarnya, kolaborasi yang bertujuan untuk pengembangan ilmu pengetahuan seperti itu bukanlah yang pertama.

Dilansir dari ui.ac.id, hingga pertengahan 2017, terdapat 1.588 tenaga akademisi luar yang sudah hadir ke UI sebagai dosen, dosen tamu, dan peneliti tamu dalam rangka sharing knowledge kepada sivitas akademika UI.

Dari kegiatan semacam itu, kampus juga mendapat manfaat lain. Salah satunya peningkatan reputasi universitas.

Pada penilaian pemeringkatan universitas terbaik seperti Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 ada sebuah indikator penilaian terkait kehadiran akademisi mancanegara pada suatu universitas bernama “International Faculty”.

Karena banyaknya akademisi luar negeri yang hadir di UI, kampus ini pun unggul dalam indikator tersebut ketika di survei oleh QS World University Ranking.

Selain indikator International Faculty, berbagai indikator lainnya yang juga berhasil terpenuhi oleh UI antara lain, adanya peningkatan signifikan dalam publikasi jurnal, pengelolaan sumber daya manusia di tingkat universitas, fakultas, serta tata kelola organisasi institusi.

Berdasarkan kalkulasi tim QS, UI juga unggul dalam kategori Kualitas Tenaga Pendidik, Reputasi Akademis, Jumlah Tenaga Pendidik Asing, dan kegiatan belajar-mengajar pada setiap fakultas.

“Secara tidak langsung, (prestasi) ini menunjukkan bahwa institusi pendidikan di Indonesia telah direkognisi oleh dunia pendidikan di Asia,” ujar Rektor UI, Muhammad Anis dikutip dari laman ui.ac.id.

Hasil itu membawa UI berada di peringkat ke-54 se-Asia dan ke-277 dunia. Ini menunjukkan sebuah peningkatan signifikan mengingat pada tahun sebelumnya UI ada di urutan ke-325 dunia.

Perlu diketahui, QS World University merupakan pemeringkatan universitas-universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds, perusahaan asal Inggris yang bergerak di bidang pendidikan.

Prestasi lain didapat UI ketika 2010 mempelopori sebuah survei internasional terkait pemeringkatan universitas dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup kampus bernama UI Green Metric.

Menyambut revolusi industri 4.0

Prestasi-prestasi itu pada dasarya jadi pembuktian perguruan tinggi di Indonesia siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Sebagai informasi, revolusi industri 4.0 merupakan perubahan sektor industri di dunia yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi serta internet sehingga akan mengintegrasikan dunia online dengan produksi industri.

Kondisi itu akan mempengaruhi adanya perubahan komposisi, terutama pada sumber daya manusia di lapangan kerja. Singkatnya, kebutuhan tenaga kerja baru tumbuh pesat di samping tergerusnya tenaga kerja lama yang tergantikan oleh mesin.

Terkait hal itu Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir menyarankan agar perguruan tinggi terus melakukan kolaborasi riset dengan kampus dunia seperti yang telah dilakukan UI.

“Selanjutnya lakukan kerja sama riset seperti dengan (kampus) Amerika Serikat, mengingat karena kemajuan teknologi di sana dan banyaknya universitas yang telah masuk 200 besar kampus terbaik dunia,” ujar Nasir dikutip dari Kompas.com, Kamis (1/3/2018).

Nasir pun berharap dengan penelitian itu prestasi UI bertambah dan peringkatnya naik, mampu memenuhi target agar dapat masuk 200 besar kampus terbaik dunia.

Pada akhirnya, bukan hanya soal peringkat melainkan bagaimana perguruan tinggi di indonesia mampu menghadapi tantangan global.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/04/10082581/bagaimana-perguruan-tinggi-di-indonesia-menjawab-tantangan-global

Bagikan artikel ini melalui
Oke