Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips UGM untuk 'Pejuang SBMPTN'

KOMPAS.com - Pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), baik Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dilaksanakan serentak tanggal 8 Mei 2018.

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang telah diterima melalui jalur SBMPTN membagikan tipsnya dalam menghadapi SBMPTN 2018.

Bagus Kresna mahasiswa Mikrobiologi Pertanian UGM 2016 dan Aristawati mahasiswi Teknik Kimia 2017 membagikan tipsnya bagi 'pejuang SBMPTN':

1. Kenali diri sendiri

Bagus mengajak para calon mahasiwa yang mengambil jalur SBMPTN untuk mengenal diri terlebih dahulu.

"Teman-teman harus tahu, bagaimana sih cara teman-teman terbaik untuk belajar agar teman-teman dapat menyerapnya dengan baik," kata Bagus seperti dikutip dari akun twitter @UGMYogyakarta.

Dengan mengenal model belajar masing-masing makan diharapkan proses persiapan akan mencapai hasil maksimal.

2. Punya tujuan

Membangun motivasi dengan memiliki tujuan merupakan persiapan dari dalam diri yang disarankan Aristawati.

"Kalian harus punya tujuan, bagaimana caranya lulus SBMPTN," ujar Aristwati. Dengan memiliki tujuan maka diharapkan kita dapat menentukan langkah-langkah atau strategi apa yang perlu diambil untuk mencapainya.

3. Kenali keahlian

Bagus menyarankan untuk calon mahasiswa peserta SBMPTN untuk juga mengenali keahlian yang dimiliki.

Mata pelajaran apa yang menjadi kekuatan kita dan mata pelajaran apa yang menjadi kelemahan kita. Dengan mengetahui kelebihan dan kekuatan kita maka dapat memudahkan dalam mempersiapkan materi yang harus dipelajari.

4. Pandai mengatur waktu

Satu hari menjelang waktu tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan. Membuat skala prioritas dalam belajar dan juga mempersiapkan hal hal yang dibutuhkan esok tentu membutuhkan manajemen waktu yang baik agar tidak menimbulkan kepanikan.

5. Jangan panik

"Kalian tuh ngga boleh yang namanya panik atau kayak stress gitu," saran Aristawati. Mempersiapkan dan juga mengerjakan SBMPTN sangat membutuhkan ketenangan.

6.  Jaga kesehatan, berdoa, minta restu orangtua

Bagus mengingatkan sangat penting tetap menjaga kesehatan saat fokus mempersiapkan ujian SBMPTN esok. Tidak lupa, berdoa dan meminta restu orangtua adalah hal yang tidak kalah penting.

Tahun 2017 lalu, UGM menerima 2.735 mahasiswa jalur SBMPTN yang terbagi dalam kelompok bidang Saintek sebanyak 1.931 dan kelompok bidang Soshum sebanyak 804.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/07/08195991/6-tips-ugm-untuk-pejuang-sbmptn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke