Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada, Ada Narkoba untuk 'Semangat' Belajar

KOMPAS.com - Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Badan Narkotika Nasional menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk melakukan gerakan anti narkotika dan obat/bahan berbahaya (narkoba) di kampus Binus, Kebon Jeruk, Jakarta (15/5/2018).

"Saat ini ada 71 jenis narkoba yang beredar dan 6 jenis baru yang belum masuk dalam perundangan," jelas Ketua BNN Heru Winarko.

Menurutnya, kini sudah tidak ada lagi wilayah yang bebas dari ancaman narkoba. Tidak hanya lingkungan kampus dan SMA, kini bahaya narkoba telah mengancam hingga tingkat SMP dan SD.

Dalam pemaparannya kepada para mahasiswa dan siswa SMA Binus, Heru menyampaikan agar para mahasiswa dan siswa waspada terhadap narkoba yang kini hadir dalam berbagai bentuk mulai dari makanan hingga minuman.

"Ada narkoba yang ditawarkan dalam bentuk minuman yang dijanjikan agar semangat belajar. Tadinya belajar hanya kuat 3 jam kini bisa kuat sampai tidak tidur," jelasnya.

Efek narkoba yang perlu diwaspadai ada 3 macam, jelasnya. Ada yang berdampak depresan (membuat tenang), stimulan (membuat semangat) dan halusinogen (membuat berhalusinasi). 

"Binus memiliki komitmen untuk memerangi 3 hal: korupsi, terorisme atau radikalisme dan juga narkoba," kata Bernard Gunawan, CEO Binus dalam kesempatan tersebut. 

Penandatanganan MoU ini menjadi salah satu bukti komitmen Binus dalam memerangi narkoba di lingkungan pendidikan Binus," tambah Johan Yang, wakil rektor bidang kemahasiswaan universitas Binus. 

Berbagai program telah dijalankan Binus sejak lama dalam memerangi narkoba. Diantaranya dengan mengadakan melakukan tes acak pemeriksaan urin secara rutin di kampus Binus bekerjasama dengan pihak BNN.

"Tidak ada kata ampun bagi mahasiswa Binus yang terbukti menjadi pengedar atau bandar narkoba. Sanksi tegas yang akan diberikan adalah diberhentikan secara tidak hormat dari proses perkuliahan," tegas Johan.

Pencanangan gerakan anti narkoba ini selain dihadiri oleh mahasiswa Binus juga melibatkan unit pendidikan Binus yang lain seperti SMA Binus Jakarta, Bekasi dan Serpong.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/16/10035121/waspada-ada-narkoba-untuk-semangat-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke