Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UGM Luncurkan 'GOTRO' untuk Informasi Pengungsi Korban Bencana

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) meluncurkan aplikasi sistem informasi kebencanaan 'GOTRO' (Gotong Royong). 

Aplikasi tersebut memberikan berbagai informasi terkait perkembangan kondisi posko pengungsian korban bencana.

Beragam informasi pengungsi dapat diberikan melalui aplikasi ini diantaranya usia, jenis kelamin, kondisi, dan jumlah pengungsi hingga informasi kebutuhan logistik, tenaga kesehatan dan psikolog, serta menu donasi.

“GOTRO hadir untuk melengkapi aplikasi kebencanaan yang telah ada, terutama prosedur pendistribusian logistik bagi para pengungsi untuk mendukung manajemen tanggap darurat berbasis masyarakat yang lebih efektif dan efisien,” urai Ketua tim pengembang GOTRO, Dr. M. Anggri Setiawan (18/5) dikutip dari berita humas UGM.

Anggri menyebutkan kebutuhan para pengungsi yang sangat dinamis terkadang belum dapat terpenuhi sepenuhnya dari ketersediaan logistik yang ada. Ditambah lagi, jika mereka harus tinggal lebih lama di dalam posko-posko pengungsian.

“Tantangan utama aplikasi ini adalah harus dapat bekerja pada skala nasional, tetapi bisa memberikan informasi yang detail terhadap dinamika pengungsi di setiap posko bencana,” papar dosen Geografi Lingkungan Fakultas Geografi UGM ini.

GOTRO dikembangkan sejak awal 2018 dengan tiga sub sistem, yakni GOTRO Relawan, Admin, dan GOTRO Masyarakat. Cara kerja aplikasi ini dimulai dari pemutakhiran laporan kondisi posko bencana dari relawan melalui aplikasi GOTRO Relawan yang sudah terverifikasi oleh sistem admin. Berikutnya, masyarakat yang telah menginstal aplikasi ini akan memperoleh notifikasi dan bisa memilih jenis serta jumlah bantuan yang akan dikirim.

Jenis bantuan dapat berupa barang-barang kebutuhan pengungsi maupun dana sosial. Masyarakat yang akan memberikan bantuan juga akan diverifikasi terlebih dahulu oleh admin.

Dengan aplikasi ini, dikatakan Anggri, informasi kebencanaan bisa lebih cepat diterima masyarakat luas karena pelibatan relawan sebagai responden lokal yang tersebar di berbagai daerah Indonesia. Setelah sumber informasi diverifikasi admin dan terunggah dalam sistem maka masyarakat pengguna GOTRO akan memperoleh notifikasi terkait kejadian bencana di Indonesia. Masyarakat dapat mengurutkan informasi kebencanaan berdasarkan bencana terbaru, terdekat, maupun spesifik pada kota yang terdampak.

Gotro memiliki tiga menu utama, yaitu informasi bencana, posko, dan donasi. Menu infromasi bencana menampilkan foto-foto kejadian bencana hasil unggahan relawan, pengungsi, serta informasi korban meninggal dunia dan luka-luka.

Sementara pada menu donasi disediakan dua pilihan untuk membantu para pengungsi yaitu berbentuk barang yang merujuk pada daftar kebutuhan di setiap posko dan dana sosial.

Selanjutnya, dalam menu posko menampilkan lokasi setiap posko yang dapat dilihat langsung dalam google map. Aplikasi ini juga memungkinkan adanya pilihan penambahan titik posko sesuai kondisi di lapangan.

“Aplikasi GOTRO ini gratis dan dapat diunduh siapa saja melalui google play store,” ungkapnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/19/08451091/ugm-luncurkan-gotro-untuk-informasi-pengungsi-korban-bencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke