Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UI Masuk Daftar 300 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia

KOMPAS.com - Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking kembali merilis pemeringkatan terhadap 1.233 Perguruan Tinggi di 151 negara di dunia pada 6 Juni 2018 yang dirilis melalui laman resmi mereka.

Universitas Indonesia berhasil menempati peringkat ke 292 dunia bersama dengan 2 perguruan tinggi lain yakni National Yang-Ming University (Taipei) dan Beijing Normal University (Beijing).

Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met menyampaikan, “Dari tahun ke tahun kami berupaya membawa UI menjadi lokomotif pendidikan bangsa yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi terbaik lainnya di dalam peta pendidikan dunia internasional."

Salah satu upaya, menurut Prof. Anis, adalah dengan pemenuhan indikator yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan bergengsi dunia ini.

Pemeringkatan ini menegaskan kembali posisi UI sebagai universitas terbaik bidang Sosial Humaniora, Kesehatan dan Sains Teknologi. Lebih lanjut, Prof. Anis menambahkan, “Pada tahun 2018, kami akan gencar melakukan peningkatan kualitas serta kuantitas riset dan pengabdian masyarakat."

Selain itu, kami ingin meningkatkan peran serta sivitas akademika UI di dalam menjawab permasalahan masyarakat melalui penelitian mutakhir dan inovatif, tambahnya. 

Pencapaian UI merupakan hasil kerja keras segenap sivitas akademika UIPada perhitungan yang dilakukan oleh tim QS, tahun ini UI mengalami peningkatan signifikan pada performa “International Faculty”.

Indikator ini menunjukkan peningkatan jumlah dosen asing dan peneliti asing yang turut serta menjadi tenaga pendidik mahasiswa UI. Tercatat saat ini UI memiliki 617 dosen dan peneliti asing yang didominasi dari Australia, Filipina, Jepang dan Malaysia. 

Peningkatan performa berikutnya terlihat pada indikator “Employer Reputation”. Indikator ini menunjukkan peningkatakan kepuasan para pimpinan perusahaan terhadap kinerja lulusan UI di perusahaan mereka. 

UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 7 tahun berturut-turut menurut hasil publikasi tahunan QS University Ranking. 

Hasil pemeringkatan ini menjadi bukti bahwa pendidikan tinggi di Indonesia telah mendapat pengakuan dunia dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya dari negara di Asia, Australia maupun Eropa. 

QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/06/07/20191581/ui-masuk-daftar-300-perguruan-tinggi-terbaik-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke