Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ujian Nasional Perbaikan Digelar Juli

KOMPAS.com - Ujian Nasional Perbaikan (UNP) akan digelar Juli mendatang. Peserta didik yang merasa perlu untuk melakukan perbaikan nilai dapat mendaftarkan diri ke satuan pendidikan atau sekolah yang sudah ditetapkan untuk pelaksanaan UNP.

Namun UNP ini hanya diberlakukan bagi peserta didik SMA atau sederajat. Ujian akan dilaksanakan tanggal 24-26 Juli 2018 di satuan-satuan pendidikan yang telah ditetapkan, serta dilakukan dengan metode Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Mengapa siswa SMP tidak memiliki kesempatan yang sama untuk memperbaiki nilai? Menanggapi pertanyaan sebagian masyarakat tersebut, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menjelaskan, pemerintah kini sedang mendorong wajib belajar dua belas tahun.

Dengan demikian, Ujian Nasional tidak menjadi kendala bagi peserta didik jenjang SMP yang akan meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu SMA atau sederajat. Selain itu, usia peserta didik SMP yang masih tergolong di bawah umur, tidak diproyeksikan untuk memasuki dunia kerja dalam waktu dekat.

“UN tidak menjadi kendala meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau pun bekerja. Kalau SMP bekerja, masih di bawah umur, jadi tidak ada ujian perbaikan untuk SMP,” tegas Bambang di Kemendikbud, Senayan.

Peserta didik SMA atau SMK memiliki dua pilihan ketika lulus, yaitu untuk meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan ujian perbaikan.

Tahun ini, Ujian Nasional Perbaikan dapat diikuti oleh peserta UN tahun pelajaran 2016/2017 dan 2017/2018 pada satuan pendidikan SMA/MA, SMK/MAK atau Paket C. Informasi mengenai pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan dapat diakses melalui laman unp.kemdikbud.go.id.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/06/07/22175741/ujian-nasional-perbaikan-digelar-juli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke