Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadwal dan Cara Registrasi Mahasiswa ITS dari Jalur SBMPTN

Berikut ini panduan jadwal dan cara registrasi bagi Anda yang lolos dari jalur SBMPTN untuk menjadi mahasiswa di Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang dirangkum Kompas.com dari situsweb smits.its.ac.id/pengumuman/sbmptn:

 
1. Registrasi online dengan mengisi biodata dan mengunggah dokumen yang disyaratkan pada laman sipmaba.its.ac.id. Gunakan nomor pendaftaran sebagai username dan tanggal lahir sebagai password.

Registrasi ini bisa dilakukan pada 4-7 Juli 2018.

 
2. Mengunduh surat pernyataan dan Form BPJS dari laman sipmaba.its.ac.id, pada 4-7 Juli 2018.
 
3. Membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) setelah penetapan UKT oleh Tim UKT-ITS pada 9 Juli 2018 (Untuk calon mahasiswa Non Bidik Misi). Langkah ini bisa dilakukan pada 9-13 Juli 2018.
 
4. Melakukan verifikasi data ekonomi orangtua di BAOKM ITS (untuk calon mahasiswa pelamar Bidik Misi), bersamaan dengan kegiatan verifikasi biodata. Langkah ini dimulai dari 10-13 Juli 2018 (sesuai jadwal)
 
5. Khusus calon mahasiswa yang diterima di Prodi yang mensyaratkan tak boleh buta warna (Fisika,Kimia,Biologi, Teknik Kimia, Tek.Lingkungan, Teknik Geomatika, Teknik Geofisika, Arsitektur, Desain Produk, Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual) diwajibkan melakukan tes kesehatan di Medical Centre ITS.

Jadwalnya, pada 10-12 Juli 2018 (sesuai jadwal).

 
6. Mencetak bukti registrasi melalui laman sipmaba.its.ac.id pada 17-18 Juli 2018.

Selain langkah di atas, ada beberapa dokumen yang diperlukan saat registrasi online, yaitu:

a. File pas foto berwarna ukuran 400x600 piksel (terbaru) latar belakang biru, kemeja polos warna putih, format jpg/png, ukuran 200-500 kb
 
b. Scan (format jpg/png ukuran 200-500 kb) dokemen berikut:

 1.Surat keterangan lulus (SKL) dari sekolah
 2.Surat keterangan sehat dari dokter rumah sakit/puskesmas
 3.Surat keterangan perkerjaan orang tua/wali (terbaru)
 4.Surat keterangan pernghasilan kedua orang tua/wali yang disahkan  (Bendahara-kerja formal dan Lurah/Kepala Desa-kerja informal)
 5.Bukti pembayaran listrik (PLN) atay pembelian token listrik
 6.Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) roda 2 dan 4
 7.Pembayaran PBB terakhir
 8.Kartu Keluarga (KK) dan Kartu tanda penduduk (KTP)
 9.Kartu BPJS
 
c. Foto rumah tampak depan dengan view jelas, ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi (format jpg/png ukuran 200-500 kb)
 
Bagi calon mahasiswa yang memilih  UKT 7 (Tinggi) maka tak perlu mengunggah dokumen b (3,4,5,6,7,10) dan akses laman sipmaba.its.ac.id
 
Sebagai bahan pertimbangan, khusus pelamar Bidik Misi diminta mengunggah dokumen tambahan:

1. Scan penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau kartu perlindungan sosial (KPS) atau Kartu Menuju Sosial (KMS) atau sejenisnya.
 
Jika hingga 7 Juli 2018 Pukul 15.00 WIB tak mengisi biodata dan mengunggah dokumen, maka dianggap melepas haknya sebagai calon mahasiswa ITS
 
B. Mengunduh surat pernyataan dari laman sipmaba.its.ac.id dan dicetak, diisi, dan ditandatangani oleh mahasiswa. Dokumen diserahkan saat verifikasi pada 10-13 Juli 2018 (sesuai jadwal)
 
C. Bagi mahasiswa Non Bidik Misi, membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada  9-13 Juli 2018 yang besarnya ditetapkan TIM ITS (ditetapkan tanggal 9 Juli 2018 dan buka laman sipmaba.its.ac.id)

Pembayaran dilakukan di teller kantor cabang BNI, BTN, BRI, Mandiri atau Bank Jatim dengan menyebutkan no pendaftaran ditambah 91.

Contoh : No.Pendaftaran SBMPTN tahun 2018: 118500008933 maka membayar dengan cara menambah angka: 91118500008933
 
D. Bagi mahasiswa Bidik Misi harus mengikuti proses verifikasi Bidik Misi dengan kepala departemen masing-masing tanggal 10-13 Juli 2018 (sesuai jadwal verifikasi biodata) bertempat di BPAKM-ITS Gedung KPA ITS, Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya

Pada proses ini, harus menunjukkan:

 a.Surat keterangan gaji/penghasilan orangtua
 b. Fotocopy KK dan KTP
 c. Bukti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) asli dan fotocopy
 d. Kwitansi/Bukti Kahir pembayaran listrik dan Air bulan terakhir (asli dan fotocopy)
 e. Membawa bukti fisik asli (bagi yang punya) sebagai penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) dan atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS)
 
E. Pemeriksaan kesehatan di Medical Centre ITS untuk calon mahasiswa yang mensyaratkan tak buta warna dilakukan seuai jadwal yang bisa diakses dalam laman http://smits.its.ac.id/pengumuman/sbmptn/
 
F. Kegiatan verifikasi biodata wajib diikuti oleh calon mahasiswa jalur SBMPTN 2018 dan tak boleh diwakilkan pada:

Tanggal: 10-13 Juli 2018 (sesuai jadwal)
Pakaian: Rapi (Kemeja dan bersepatu)
Tempat: BAPKM-OTS, Gedung KPA ITS, Kampus ITS, Surabaya
Untuk jadwal per jurusan/prodi dan syarat kelengkapan lain buka laman http://smits.its.ac.id/pengumuman/sbmptn/
 
G. Bukti registrasi dicetak pada 17-18 Juli 2018 melalui laman sipmaba.its.ac.id, setelah proses daftar ulang dilaksanakan mahasiswa,

Bukti ini memuat NRP (Nomor Registrasi Pokok Mahasiswa), jadwal terpadu yang berisi tes TEFL, TPA, Psikotes dan Pelatihan Spiritual dan Kuliah Kebangsaan.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/07/04/07150091/jadwal-dan-cara-registrasi-mahasiswa-its-dari-jalur-sbmptn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke