Yokawan merupakan sebuah papan permainan yang terinspirasi dari film Jumanji.
Kelima mahasiswi tersebut adalah Hilma Rosmy N, Fanisya Febriyanti H, Huky Arvi Loany, Sri Wulan, dan Sukma Dewi Heidy S.
Mereka berasal dari dua jurusan berbeda yakni Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat dan Ilmu Keluarga.
Tujuan permainan ini salah satunya untuk mengedukasi anak-anak mengenai keragaman fauna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Dalam permainan ini, ada sentuhan kreativitas dan inovasi yang dapat menjadi media pengenalan hewan endemik di Indonesia.
Seperti apa Yokawan?
Proses dari ide hingga pengembangan Yokawan membutuhkan waktu sekitar empat bulan.
Munculnya inspirasi pembuatan Yokawan ketika film "Jumanji 2" tayang di bioskop pada Desember 2017.
"Berawalnya, ketika tayang film Jumanji di bioskop Desember kemarin. Kemudian, banyak berita terkait perburuan hewan, ancaman kelestarian hewan, dan lain-lain di media. Kemudian kami teringat film Jumanji yang pertama, di mana latar tempatnya di Kalimantan, dan Jumanji pertama banyak memunculkan hewan-hewan. Nah, kebetulan fakultas kami di IPB kan Fakultas Ekologi Manusia. Jadi kami merasa terpanggil terkait hal tersebut," kata salah satu mahasiswi kreator Yokawan, Huky, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/7/2018) siang.
Pengembangan ide permainan ini mendapatkan dukungan dana dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melalui Program Kreativitas Mahasiswa sebagai tim yang lolos PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM).
Selain itu, Yokawan diaplikasikan di SD Negeri Cihideung Hilir 04, TPA Desa Cibanteng Bogor.
Penyampaian di sekolah
Huky menceritakan, implementasi Yokawan di SD Negeri Cihideung Hilir 04 Bogor, Jawa Barat, dilakukan dalam beberapa tahap.
Tahap pertama adalah Aloha (Ayo Lihat Hewan).
Aloha dilakukan dengan menonton bersama-sama video hewan agar skema pemikiran anak terfokus pada hewan.
Tahap kedua, Carita (Cari Tahu Ya).
Carita dilakukan dengan cara menceritakan tentang hewan-hewan endemik di Indonesia beserta hal-hal menarik dari hewan endemik tersebut. Misalnya, perbedaan antara Badak Sumatera dengan Badak Jawa.
Tahap ketiga adalah Kawan (Kusuka Hewan).
Tahap ini dilakukan dengan bermain board game Yokawan.
Tahap keempat adalah Everlasting, yang merupakan evaluasi dari permainan ini.
Cara bermain Yokawan
Permainan Yokawa menciptakan nuansa baru dalam mengenal fauna endemik Indonesia dengan cara menyelesaikan misi di permainan ini.
Misi tersebut adalah mencapai titik tengah Yokawan secara bersamaan.
"Permainannya bisa dimainkan oleh 4 orang dengan menggunakan karakter zoologist, masing-masing pemain memiliki 4 kartu pengetahuan. Kemudian pemain melempar dadu, angka dadu menunjukan jumlah langkah yang harus mereka ambil. Setiap berhenti mengambil kartu yang berisi tantangan pertanyaan. Jika tidak bisa menyelesaikannya, pemain dapat dibantu oleh pemain lainnya dengan konsekuensi harus memberikan 1 dari 3 kesempatan yang mereka miliki," papar Huky.
Tantangan dan pertanyaan temasuk dalam komponen permainan dalam bentuk kartu.
Tantangan Yokawan, misalnya, membuat puisi tentang Elang Jawa.
Untuk pertanyaan, seputar hewan endemik di Indonesia.
Respon terhadap permainan ini
Huky mengatakan, anak-anak memberikan respons positif terhadap permainan ini.
"Dari yang kami lihat respon anak-anaknya sangat baik dan tertarik. Ketika ada beberapa dari mereka yang sedang bermain handphone bahkan meninggalkan handphone-nya dan bermain Yokawan. Itu waktu kami percobaan di anak-anak sekitar rumah," kata dia.
Selain itu, guru-guru juga memberikan respons yang baik, saat Yokawan diperkenalkan di sekolah-sekolah.
"Respons gurunya sangat positif, dan untuk selanjutnya berencana dan berharap agar dapat diintegrasikan ke mata pelajaran yg ada disekolah sebagai media," lanjut Huky.
Hingga saat ini, kata Huky, mereka sudah memproduksi 7 set permainan Yokawan dan tidak diperjualbelikan.
Untuk penyebarannya, masih menjajaki sejumlah pihak, di antaranya Kementerian Lingkungan Hidup karena ada rencana menempatkan Yokawan di taman nasional.
https://edukasi.kompas.com/read/2018/07/05/15430211/yokawan-permainan-yang-terinspirasi-jumanji-karya-5-mahasiswi-ipb