Salin Artikel

Skystar Ventures dan Langkah Strategis Memajukan "Startup" Indonesia

KOMPAS.com - Skystar Ventures, tech incubator milik Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyepakati kerjasama melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Action Community for Entrepreneurship (ACE) Singapura disaksikan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution beserta Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Chan Chun Sing pada pertemuan tingkat menteri 6WG hari ini (7/9/2018).

Perjanjian kerjasama ini merupakan sebuah langkah membangun ekosistem startup yang kuat antara Indonesia dan Singapura, bertujuan menumbuhkan ekosistem startup di kawasan Asia Tenggara.

1. Kolaborasi startup Indonesia dan Singapura

Melalui perjanjian kerjasama ini, Skystar Ventures dan ACE akan bersama-sama memperkuat koneksi ekosistem startup kedua negara serta mendorong inovasi regional melalui inisiatif bersama seperti program mengakses pasar, pertukaran pengetahuan, dan akses jaringan partnership.

Kerjasama ini merupakan inisiatif dari Enterprise Singapore dan perluasan kegiatan Global Innovation Alliance (GIA) di Jakarta.

Selain Skystar Ventures, ACE juga menggandeng EV Hive dalam penandatanganan kerjasama dengan pihak Singapura. Baik Skystar Ventures, EV Hive, dan ACE akan berperan sebagai pusat koneksi inovasi di bidangnya masing-masing mendorong inovasi regional melalui ACE Connected Ecosystem, yaitu sebuah jaringan mitra regional dan global.

Kerjasama ini juga berati membuka kesempatan bagi startup Indonesia dan Singapura untuk berkolaborasi, sekaligus memperluas pasar ke jaringan internasional. 

2. Partisipasi dalam Pekan Inovasi dan Teknologi Singapura

Dengan dukungan dari pemerintah Indonesia dan Singapura, mitra ACE Connected Ecosystem juga akan bergabung dalam acara Pekan Inovasi dan Teknologi Singapura (SWITCH), yang akan diselenggarakan Minggu, 17 September 2018 mendatang.

Pada acara tersebut Skystar Ventures dan EV Hive akan memimpin diskusi mengenai Koneksi Internasional dalam Lingkungan Startup Global dan juga akan berkontribusi dalam pameran di ACE Connected Ecosystem Pavillion.

James Tan, Wakil Ketua ACE mengatakan, “ACE bersyukur memiliki Skystar Ventures dan EV Hive bergabung dengan jaringan kemitraan ACE Connected Ecosystem. Kami sangat senang atas kolaborasi ini untuk mendukung startup dalam perjalanan internasionalisasi mereka melalui berbagi bantuan akses pasar."

3. Pertumbuhan cepat start up Indonesia

Pernyataan itu disambut baik oleh Yovita Surianto, Inkubator Manager Skystar Ventures. Yovita mengatakan, “Kami sangat antusias menyambut kerjasama dengan ACE dalam mengembangkan kewirausahaan khususnya di bidang bisnis digital."

Lebih lanjut Yovita menambahkan pihaknya juga berharap kolaborasi ini dapat memberikan manfaat dan dampak yang nyata bagi kedua belah pihak.

Sementara itu Khairul Anwar, Direktur Grup Regional untuk Indonesia dari Entreprise Singapore mengatakan “Ekosistem startup di Indonesia adalah salah satu yang paling cepat berkembang di Asia Tenggara, dimana telah melahirkan startup unicorn karya bangsa seperti Go-Jek dan Tokopedia."

Kerjasama ACE, Skystar Ventures dan EV hive tentunya akan memberikan peluang tambahan bagi startup di kedua negara untuk mendapatkan akses mitra potensial guna memperkuat inovasi ekosistem startup di Singapura dan Indonesia," tambah Kairul.

Penandatanganan kerjasama UI, IPB dan Rusia

https://edukasi.kompas.com/read/2018/09/07/21375201/skystar-ventures-dan-langkah-strategis-memajukan-startup-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.