Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Badan Bahasa Kemendikbud Giatkan Gerakan Literasi Nasional

Kegiatan ini bertujuan menghasilkan kebijakan dan rencana tindaklanjut kegiatan literasi pada masa yang akan datang. Lokakarya diikuti oleh 100 peserta di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"GLN merupakan salah satu tugas Badan Bahasa untuk mengukur sejauh mana tingkat literasi siswa kelas 10 atau kelas 1 SMA", disampaikan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinan Bahasa, Dadang (19/8/2018). 

Dijelaskan Dadang Sunendar, sebagai koordinator GLN, Badan Bahasa sudah melakukan beberapa program antara lain, pelatihan-pelatihan pembekalan literasi kepada fasilitator, penggiat literasi dan sejenisnya.

"Sebagai contoh di Deli Serdang, Badan Bahasa ikut mendukung penyelenggaraan Hari Aksara Internasional (HAI) dengan banyak sekali kegiatan literasi", ujar Dadang. Termasuk pula mendukung kegiatan pameran buku internasional yang dilakukan oleh IKAPI bekerjasama dengan Kemendikbud dan Badan Ekonomi Kreatif.

"Kegiatan GLN ini kita harus saling mendukung ketika ada kegiatan literasi. Sebagai contoh kegiatan yang sudah besar bahkan lebih terkenal namanya dari GLN itu sendiri yaitu Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang luar biasa," ujar Dadang.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/09/20/23000001/badan-bahasa-kemendikbud-giatkan-gerakan-literasi-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke