Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ITS Sapu Bersih Inovasi Alternatif Kendaraan Bermotor

KOMPAS.com - Mobil "Nogogeni V" karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih peringkat pertama ajang Jatim Otomotif Festival (JOFEST). Mobil buatan tim Nogogeni ITS menang pada kategori Inovasi Alternatif Kendaraan Bermotor.

Penghargaan ini diterima dari GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di bidang auto-aftermarket industri di Jawa Timur, Senin (15/9) di Surabaya.

Ahmad Ibad Maulana, Ketua tim Nogogeni 2018/2019 menuturkan untuk bisa mendapat penghargaan tersebut tim telah melewati dua tahap. Tahap pertama ialah penjurian mengenai spesifikasi, kelebihan, dan inovasi.

“Kami mempresentasikan kelebihan mobil kami. Selanjutnya tahap kedua dilaksanakan penilaian tertutup,” terang mahasiswa angkatan 2015 dilansir dari laman Kemeristekdikti.

Bahan bakar listrik

Inovasi yang dikembangkan Nogogeni V sendiri terletak pada bahan bakar yakni energi listrik. Inovasi penggunaan listrik ini menjadi penting mengingat listrik dewasa ini menjadi alternatif bahan bakar utama menggantikan bahan bakar fosil.

“Nogogeni V mampu meraih efisiensi listrik sebesar 125,1 km/kwh,” ucap mahasiswa Departemen Mesin Industri.

Uniknya, kontrol pada mobil ini dirakit langsung oleh mahasiswa sendiri. Untuk pembuatan tim membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Selain mengikuti lomba, ajang ini juga dimanfaatkan untuk memamerkan karya kepada pengunjung, termasuk orang-orang penting di bidang otomotif nasional maupun internasional.

Sapu bersih penghargaan

“Kegiatan seperti ini memberikan dampak positif bagi Nogogeni karena dapat menjadi wadah branding untuk menarik minat investor,” ujar Ibad.

Penghargaan inovasi yang diraih Nogogeni bukanlah hal baru. Produk keluaran 2011 yang pernah diapresiasi oleh Dahlan Iskan ini telah secara kontinu diperbarui selama tujuh generasi dalam rangka penyempurnaannya.

Kedepannya, Nogogeni yang berfokus pada kategori etanol dan listrik .

Pada perlombaan ini, ITS sapu bersih penghargaan di bidang inovasi alternatif. Selain Nogogeni V yang menduduki peringkat pertama, ITS juga meraih peringkat dua oleh tim ITS Sapuangin dan peringkat tiga oleh tim ITS Antasena.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/01/20321941/its-sapu-bersih-inovasi-alternatif-kendaraan-bermotor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke