Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengabdian Vokasi UI di Titik Nol Citarum

KOMPAS.com - Tim Pengabdian Masyarakat Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) membentuk Kelompok Anti Sampah Entaskan Polutan atau disingkat KASEP serta memberikan pelatihan pengolahan ganggang hijau air tawar menjadi kompos.

Pelatihan ini dilakukan kepada masyarakat dan anggota Satgas Citarum Harum sebagai upaya merevitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dilaksanakan Sabtu (29/9), di Kawasan Kilometer Nol Sungai Citarum, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Program melibatkan masyarakat

Tidak kurang dari 70 orang warga sekitar DAS Citarum hadir dalam pelatihan Pengmas Vokasi UI. Selain pemanfaatan Ganggang Hijau, diberikan pula pelatihan pembuatan kompos dan reportase berbasis website.

Ketua Pengabdian Masyarakat Deni Danial Kesa, menuturkan, “Inisiatif ini berangkat dari arahan Peraturan Presiden RI agar para akademisi turut berperan di dalam merevitalitalisasi DAS Citarum."

Deni menambahkan, dengan menerapkan metode intervensi sosial, Vokasi UI menggalakkan program melibatkan masyarakat di dalamnya yaitu KASEP serta workshop pengolahan ganggang menjadi kompos.

Dalam pelatihan tersebut, kami juga mengedukasi masyarakat untuk mampu pola pilah sampah dan mendeteksi sumber sumber polutan air.

"Kami berharap, terjadi keberlanjutan kampanye sehingga akan mengubah kebiasan masyarakat khususnya terjadi perubahan mindset atau paradigma berfikir, termasuk dalam pengelolaan sampah,” ujarnya.

Kegiatan Pengmas ini merupakan bentuk dukungan akademisi Vokasi UI atas program Pemerintah terkait Percepatan Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan DAS Citarum.

Diharapkan program ini mampu memulihkan DAS Citarum serta menjadi bagian dari partisipasi akademisi di dalam menghasilkan inovasi pengendalian DAS Citarum.

Vokasi UI merupakan program pendidikan pada jenjang diploma tiga bertujuan mempersiapkan tenaga yang dapat menerapkan keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Pengajaran pada program pendidikan Vokasi lebih mengutamakan praktek untuk mengasah keterampilan sehingga lulusan yang dihasilkan menjadi kompeten dibidangnya. Lulusan juga dilengkapi dengan sertifikasi profesi baik nasional maupun internasional.

Saat ini, Vokasi UI memiliki 3 bidang keahlian yaitu Bidang Studi Administrasi dan Bisnis, Bidang studi Sosial Humaniora dan Bidang Studi Kesehatan, yang didalamnya terdapat 11 program studi.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/04/17273461/pengabdian-vokasi-ui-di-titik-nol-citarum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke