Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahasiswa UB Raih Emas di Ajang Inovator Muda Internasional

KOMPAS.com - Dua delegasi Fakultas Pertanian (FP) Universitas Brawijaya (UB) meraih medali emas dalam kategori The Most Impactfull Innovation dan Special Award dalam ajang International Young Innovators Summit (IYIS) 2018 yang berlangsung selama 4 hari (8-11/10/2018) di Tokyo, Jepang. 

Cindy Diah Ayu Fitriana (Agroekoteknologi 2015) dan Achmad Roekhan (Agroekoteknologi 2017) berhasil membawa pulang medali emas dalam kompetisi internasional tersebut.

Inovasi yang dikompetisikan oleh tim FP dalam ajang IYIS 2018 ialah pemberdayaan masyarakat di Kawasan UB Forest dalam upaya mengurangi permasalahan kemiskinan Dunia yang berbasis kearifan lokal Indonesia.

Judul diusung dalam kompetisi ini yaitu "Omah Lestari : Empowerment of Village community in the area of Brawijaya University's Forest based on PANCASILA as a local wisdom to realize SDG's 2030".

Omah Lestari merupakan sebuah konsep rumah dengan memanfaatkan keanekaragaman serangga hutan sebagai kerajinan tangan dan budidaya lebah madu hutan. Budidaya lebah madu hutan di kawasan UB Forest berpotensi melejitkan perekonomian desa.

Ajang International Young Innovators Summit (IYIS) 2018 ini diikuti 50 delegasi terpilih dari seluruh negara dengan perwakilan dari Indonesia sebanyak 11 delegasi.

Mereka terdiri dari empat tim dari UB, dua tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB), satu dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan satu dari Universitas Indonesia (UI) serta 39 dari mahasiswa dari negara lain.

Sebanyak 50 delegasi terpilih memperebutkan sepuluh medal emas untuk 5 kategori meliputi; The most impactful innovation, Best solution, Best Idea Innovation, Most creative innovation dan The most outstanding innovation.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/18/23375031/mahasiswa-ub-raih-emas-di-ajang-inovator-muda-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke