Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sonar Vision, Kepedulian Mahasiswa Binus untuk Penyandang Tunanetra

KOMPAS.com - Mahasiswa Bina Nusantara (Binus) University menciptakan inovasi untuk membantu peyandang tuna netra di Indonesia. Alat bernama Sonar Vision ini diciptakan 2 mahasiswa berprestasi jurusan Sistem Komputer; Raditya Eko Prabowo dan Nicholas Julian.

Pada hari ini, puluhan alat temuan mereka, Sonar Vision dibagikan secara gratis bagi para penyandang tuna netra di Yayasan Mitra Netra, Jakarta (19/10/2018). 

Sonar Vision merupakan sebuah alat bantu pendeteksi halangan untuk penyandang tuna netra atau low-vision. Alat ini berfungsi sebagai pelengkap dari tongkat yang dapat mendeteksi halangan yang berada hingga 3 meter di depan penggunanya.

Dalam 1 set Sonar Vison terdapat 2 alat, yaitu satu sabuk dan satu jam tangan.

Mereka mengaku pembuatan alat ini terinspirasi sepasang suami istri tunanetra yang biasa berjualan didekat kampus. Mereka terketuk hati untuk membantu penyandang tunanetra di Indonesia.

Melalui semangat "Fostering and Empowering the Society", Raditya dan Nicholas menciptakan alat ini sejak 2017 dengan dibimbing tiga dosen program studi Computer Engineering Binus University yaitu Johannes, Rinda Hedwig dan Rudy Susanto. 

Sonar Vision ini juga merupakan produksi mahasiswa sistem komputer untuk program CPPBT (Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi) yang diselenggarakan Kemenristekdikti. Dengan adanya Sonar Vision ini diharapkan dapat membantu memudahkan para penyandang tunanetra dalam beraktifitas.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/19/16051001/sonar-vision-kepedulian-mahasiswa-binus-untuk-penyandang-tunanetra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke