Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Batik Lasem Bercita Rasa Milenial Kreasi Mahasiswa Binus

KOMPAS.com - Indonesia sangat kaya akan seni budaya dari Sabang sampai Merauke. Kebudayaan leluhur ini terus dipelihara turun temurun, generasi ke generasi.

Mahasiswa jurusan Fashion dari Binus Northumbria School of Design (BNSD) melalui karya seni busana mencoba memberikan sentuhan milenial terhadap budaya batik sehingga tampil dengan gaya kekinian.

Tahun ini merupakan kali ke-7 keikutsertaan BNSD dalam perhelatan Jakarta Fashion Week. Setiap tahun, BNSD selalu mengangkat tema yang terinpirasi kekayaan kota-kota di Indonesia.

Mereka mengusung tema “The Untold Story: Lasem Revealed” melalui 6 lini fashion, yaitu: ARKA, OEMNJA, VOD, HANYUTAN, ALLAWN, dan RECKO.

Lasem, sebuah kota kecil di daerah Rembang Jawa Tengah juga di kenal dengan sebutan “Little China” dikarenakan dahulu Lasem merupakan tempat pertama masyarakat China tiba di pulau Jawa.

Selain itu, fakta unik lainnya bahwa Lasem juga diketahui sebagai kota para santri dan juga sebagai kota pelajar. Akibat pembauran dari berbagai kebudayaan tersebut muncul berbagai ciri khas yang memiliki nilai filosofis seperti yang ada pada batik Lasem.

Karena keunikan dan kekhasan dari batik Lasem itulah BNSD memilih Batik Lasem sebagai sumber inspirasi busana pada Jakarta Fashion Week 2019 tahun ini.

Head of Fashion Program BINUS Northumbria School of Design, Ratna Dewi Paramita berharap karya mahasiwa terbaik BNSD ini dapat diapresiasi dengan baik oleh publik dan mengingatkan kembali untuk kita dan generasi muda akan kota Lasem dengan berbagai akulturasi budayanya yang indah.

Di tangan para mahasiswa ini, batik Lasem tampil kekinian bak menyaksikan fashion show di kota Milan, Italia.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/25/21525031/batik-lasem-bercita-rasa-milenial-kreasi-mahasiswa-binus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke