Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sinergi Pendidikan dan Industri Berperan Hasilkan Lulusan Berkompeten

KOMPAS.com - Program Pendidikan Vokasi UI terus berupaya memperkaya mitra industri sebagai upaya mencetak lulusan berkompeten dan memiliki daya serap tinggi di industri.

Salah satunya diwujudkan melalui komitmen kerjasama Program Pendidikan Vokasi UI, PT Pertamina Bina Media (PERTAMEDIKA) dan BPJS Ketenagakerjaan yang dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama pada akhir Oktober 2018.

Kerjasama yang dijalin mencakup Studi Kerja bagi mahasiswa semester 4 dan 5 Vokasi UI , program magang, dan Tempat Uji Kompetensi bagi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) para mitra. 

Komitmen tinggi mitra vokasi UI

“Kami berterima kasih atas dukungan PERTAMEDIKA dan BPJS Ketenagakerjaan terhadap Program Pendidikan Vokasi UI. Sinergi antara institusi pendidikan dan industri sangat berperan penting untuk menghasilkan lulusan berkompeten,” ujar Erwin Harinurdin, Manajer Kerjasama, Alumni dan CDC Vokasi UI (1/11/2018).

Erwin menambahkan kurikulum 321 di Vokasi dimana tiga semester awal belajar di kampus, dua semester (semester 4 dan 5) studi kerja di industri dan satu semester (semester 6) magang dapat diterapkan optimal jika memiliki mitra berkomitmen tinggi.

“Maka dari itu, Vokasi UI senantiasa mendekatkan diri ke mitra industri untuk memperoleh dukungan dalam proses penerapan kurikulum Vokasi ini," lanjutnya.

Program magang bersertifikat di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI) merupakan forum sinergi bagi praktisi manajemen SDM lingkungan BUMN yang berkomitmen meningkatkan daya saing untuk siap bersaing di pasar global.

Pelatihan, kajian terapan hingga TUK

Mahasiswa rumpun kesehatan yaitu Fisioterapi dan Okupasi Terapi akan ikut dalam program studi kerja magang bersertifikat di PERTAMEDIKA.

Adapun untuk BPJS Ketenagakerjaan, kerjasama dijalin tidak hanya sebatas studi kerja dan magang bersertifikat tetapi juga kerjasama dalam tempat Uji Kompetensi untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BPJS Ketenagakerjaan.

LSP BPJS Ketenagakerjaan melayani sertifikasi terkait Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. “Dengan kerjasama ini, Vokasi UI melalui Lembaga Vokasi menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) bagi peserta sertifikasi LSP BPJS Kesehatan.” ujar Sandra Aulia, Ketua Lembaga Vokasi Universitas Indonesia.

Lembaga Vokasi UI merupakan lembaga yang menyediakan pelatihan, kajian terapan, konsultasi bisnis dan TUK bagi para mitranya. 

Fokus keterampilan dan keahlian

“Saya senang sekali akan dapat studi kerja dan magang di perusahaan-perusahaan khususnya rumah sakit seperti jaringan PERTAMEDIKA sehingga dapat berlatih sejak dini memberikan layanan Okupasi Terapi sesuai standar” ujar Vanny, mahasiswa Okupasi Terapi Vokasi UI.

Program Pendidikan Vokasi UI didirikan dengan tujuan untuk menyiapkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan, atau berwirausaha secara mandiri.

Sejalan dengan tujuan tersebut inti pengajaran pada program pendidikan vokasi lebih mengutamakan keterampilan dan keahlian.

Adapun program studi yang tersedia yakni; Akuntansi, Pariwisata, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Perumasakitan, Okupasio Terapi, Fisioterapi, Adm. Perkantoran dan Sekretari, Perpajakan, Adm. Keuangan dan Perbankan, Adm. Asuransi dan Aktuaria.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/02/22110401/sinergi-pendidikan-dan-industri-berperan-hasilkan-lulusan-berkompeten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke