Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ehm, Reza Rahadian Mengajar di Vokasi UI, "Ngajar" Apa?

 

KOMPAS.com - Bertempat di Studio Produksi Mampang, Tendean, Jakarta, Reza Rahadian mengajak 67 mahasiswa melakukan observasi kerja praktik industri komunikasi (6/11/2018). Reza merupakan dosen praktik Program Vokasi Komunikasi (Vokom) Universitas Indonesia (UI) sejak September 2018.

Di tengah jadwal padat, Reza secara khusus mendampingi mahasiswanya memperoleh gambaran utuh dan nyata tentang proses produksi sebuah program TV.

“Reza mengajar mata kuliah olah suara dan penyajian selama 14 pertemuan dalam satu semester. Reza bersama tim dosen, mempraktikkan metode pendidikan vokasi komunikasi terdiri dari 3C yaitu Class Teaching, Case Study dan Collaboration Project, ” ujar Devie Rahmawati, Kepala Prodi Vokom UI.

“Dalam mengampu mata kuliah, Reza mendorong model Class Teaching yang dinamis. Peserta dirangsang aktif bertanya. Reza juga mengundang para praktisi lain berbagi banyak Case Study, sehingga mahasiswa memiliki perspektif yang luas," lanjut Devie.

Dengan membawa para mahasiswa keluar kelas, Reza telah mendorong mahasiswa untuk mempraktikkan langsung Collaboration Project antara mahasiswa dan para profesional. Para mahasiswa mendapatkan peluang bekerja langsung di industri, “seru Devie.

Ia menambahkan, kehadiran praktisi seperti Reza menandai sebuah babak baru dalam revolusi pendidikan vokasi Indonesia. Reza telah menumbuhkan gairah mengasah ketrampilan profesional di dunia pendidikan tanah air menjadi sangat besar.

Dahulu, pendidikan vokasi yang telah terbukti membawa kesuksesan di Barat, tidak mendapatkan tempat di masyarakat kita,” tambah Devie, yang juga menjabat sebagai kordinator peminatan penyiaran Vokom.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh profesional yang telah mewaqafkan waktu dan ilmu untuk berjuang memastikan peserta didik vokasi siap bersaing dengan pekerja global,” tutup Devie yang juga dikenal sebagai pengamat sosial budaya UI.

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia merupakan pendidikan tinggi kejuruan, di mana lulusannya diarahkan untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan, swasta atau berwiraswasta.

Pola pengajaran pada program ini lebih mengutamakan pada pengajaran keterampilan dan keahlian praktik dibandingkan dengan penguasaan teori.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/09/22134211/ehm-reza-rahadian-mengajar-di-vokasi-ui-ngajar-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke