Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Listrik Kolaborasi Budi Luhur dan ITS Siap Taklukkan Rally Dakar

KOMPAS.com — Sebuah kebanggan Indonesia memiliki mobil listrik karya anak bangsa yang diciptakan untuk mengikuti rally paling ganas di dunia, Dakar.

Mobil 100 persen listrik diberi nama "Blits" (Budi Luhur-ITS) merupakan hasil kolaborasi antara Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

“Proyek Blits merupakan inovasi mobil listrik yang dilahirkan dari anak bangsa sendiri dan bisa dikenal oleh dunia. Maka, kita targetkan untuk mengikuti Rally Dakar yang merupakan rally paling ganas di dunia," ujar Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro dalam seremoni "Blits Explore Indonesia" di Universitas Budi Luhur, Jakarta (12/11/2018).

Lebih lanjut Hanggoro berharap Blits bisa mengikuti Rally Dakar dengan spesifikasi canggih dan ketahanan yang mumpuni. 

Blits khusus didesain Rally Dakar Argentina mulai dari tubular sasis, bentuk bodi, electric motor, sampai dengan ketahanan baterai.

Sebelum mengikuti Rally Dakar, mobil listrik Blits (Budi Luhur–ITS) akan melakukan uji coba jelajah Nusantara dengan tema “PLN Blits Explore Indonesia”.

Perjalanan Nusantara ini akan menempuh jarak 15.000 km dimulai dari ITS Surabaya, Budiluhur Jakarta, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak, Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Kendari, Manado, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Marauke, Kupang, Labuan Bajo, Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi, dan finis di Surabaya.

Rektor Universitas Budi Luhur Profesor Didik Sulistyanto menambahkan, “Bagi kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi karya inovasi kreatif seperti ini ditunggu-tunggu oleh bangsa Indonesia untuk meningkatkan daya saing bangsa."

Ia menambahkan, dalam daya saing bangsa ini Universitas Budi Luhur berperan sangat aktif adanya mobil listrik Blits karya Universitas Budi Luhur dan ITS. "Proyek Blits dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dan dosen untuk melahirkan mobil listrik,” jelasnya.

Universitas Budi luhur dan ITS dalam perjalanan ini menggandeng beberapa pihak seperti PT PLN, PT Pertamina, Kemenristekdikti, dan PT Goodyear Indonesia.

Blits saat ini memiliki spesifikasi dengan Blits Battery Pack berkapasitas 90kWh, maximum voltage 380V, base voltage 350V, max discharge current 777A, dan base discharge current 259A.

PLN Blits Explore Indonesia juga diikuti oleh mobil hybrid series KASUARI untuk menjelajah Nusantara sejauh 15.000 km. 

https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/14/10000011/mobil-listrik-kolaborasi-budi-luhur-dan-its-siap-taklukkan-rally-dakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke