Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SEA Umumkan Penerima Beasiswa untuk Kembangkan Ekonomi Digital

KOMPAS.com - Setelah melakukan serangkaian proses seleksi terhadap ratusan mahasiswa dari 5 kampus pilihan Indonesia, 50 mahasiswa berprestasi terpilih menerima beasiswa penuh dari Sea, induk perusahaan Garena (platform online gaming), Shopee (e-commerce) dan AirPay (layanan keuangan).

Dalam menyediakan beasiswa ini, Sea bekerja sama dengan 5 universitas di Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI), ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya, Bina Nusantara (Binus), Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung serta Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Program beasiswa Sea merupakan wujud nyata dari komitmen Sea untuk terus mengembangkan bibit unggul yang lebih berkualitas terutama di bidang teknologi informasi," kata Pandu Sjahrir, Komisaris Utama Shopee, Garena dan AirPay. 

Ia menbahkan, pihaknya percaya program ini tidak hanya akan mempersiapkan seluruh penerima bersaing lebih baik, tetapi juga menjadi motivasi positif untuk membawa kualitas teknologi Indonesia ke standar lebih tinggi.

Salah satu penerima beasiswa Sea, Ivan, mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis dari Universitas Indonesia, mengaku senang dan bangga menerima beasiswa ini. Ivan memiliki segudang prestasi di antaranya “Most Outstanding Delegate di One Model United Nations 2017”, “3rd Place & Spirit of ACDC Award, National ALSA Courtlike Debate Championship VIII 2017”, “Gold Medal di Penabur International Choir Festival (PICF) 2017”, “1st Place & Best Speaker di Indonesian National Debate Championship Province Level 2016”.

Meskipun saat ini sedang menggeluti bidang non teknologi, tidak menghentikan Ivan merencanakan karirnya di industri teknologi. Bahkan, dia menunjuk Shopee, salah satu perusahaan e-commerce di bawah naungan Sea, sebagai perusahaan tujuan magangnya.

“Saya percaya, dengan ikut terjun langsung ke dalam operasional Shopee akan mempersiapkan diri saya dalam berkontribusi lebih banyak di dunia ekonomi digital,” tutur Ivan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Zhafira Elham, mahasiswi fakultas ilmu komputer dan elektronika kelas internasional Universitas Gadjah Mada ketika diumumkan sebagai penerima beasiswa Sea.

“Saya telah lama bermimpi untuk melanjutkan studi di bidang teknologi hingga jenjang S3. Saya yakin, beasiswa Sea ini akan menjadi salah satu dukungan terbesar untuk mencapai mimpi tersebut,” ujarnya.

Berbekal pengalaman di berbagai ajang internasional seperti “The Young Scientist Centre London 2016”, “International Young Innovators Summit Tokyo 2018” dan “The Asia Youth International Model United Nations Bangkok 2018” serta kecintaan dia akan coding terus tumbuh sejak usia 9 tahun. Zhafira mengaku akan terus menggarap potensinya demi perkembangan dunia industri teknologi Indonesia yang lebih pesat.

Para penerima beasiswa Sea tidak hanya berhak mendapatkan beasiswa biaya kuliah selama tahun pelajaran 2018 - 2022, tetapi juga akan didukung dengan biaya hidup bulanan, biaya ekstrakurikuler, asuransi kesehatan serta fasilitas laptop.

Selain itu, mereka yang bertalenta dan memiliki ketertarikan di bidang teknologi juga dapat mengikuti proses magang di berbagai perusahaan terafiliasi dengan Sea Group.

"Kami ingin membantu untuk memupuk sehingga talenta dari Indonesia akan lebih banyak kompetitif dan mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital lebih cepat di masa depan," tutur Natasha Ardiani, Deputy Head, Corporate Affairs & Strategy.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/14/13122411/sea-umumkan-penerima-beasiswa-untuk-kembangkan-ekonomi-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke