Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaring Inovasi Orang Muda, Universitas Pertamina Gelar 'SPACE UP 2018"

KOMPAS.com - Universitas Pertamina mengadakan kegiatan "Scientific Paper Competition (SPACE UP)" tingkat nasional. 

Kegiatan ini bermaksud menjaring ide dan inovasi generasi muda untuk tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di bidang energi, UKM Riset dan Karya Tulis Ilmiah.

Kegiatan bertema “Millenials in Energy Innovation for Indonesia” tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengimplementasian poin ke-7 SDGs di Indonesia, yakni Affordable and Clean Energy.

SPACE UP dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-61 PT Pertamina (Persero) yang jatuh tangal 10 Desember 2018, sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018. 

Kegiatan pengumpulan dan seleksi karya tulis telah berlangsung selama dua bulan terhitung September sampai Oktober 2018. 

Tercatat 204 mahasiswa tergabung dalam 68 tim dari berbagai universitas di Jawa, Sumatera dan Sulawesi  telah berpartisipasi dalam pengumpulan karya tulis.

Tiga tim dengan karya terbaik dipilih sebagai pemenang berdasarkan penilaian juri yang berasal dari kementerian dan akademisi, yaitu Prahoro Yulijanto Nurtjahyo selaku Senior Advisor for Investment and Development of Infrastructure, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta Budi Prawara dan Haznan Abimanyu selaku Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

“Banyaknya peserta yang datang dari berbagai penjuru tanah air menunjukkan kesadaran yang tinggi dari para milenial terdidik akan pentingnya energi ramah lingkungan untuk menunjang pencapaian SDGs,"  Budi W. Soetjipto, Wakil Rektor III Bidang Riset, Pengembangan, dan Kerjasama Universitas Pertamina.

Budi menambahkan, Universitas Pertamina sebagai salah satu pemangku kepentingan di bidang pendidikan tinggi akan terus mendorong perluasan dan peningkatan kesadaran ini demi terwujud dan terpeliharanya pembangunan berkelanjutan di Indonesia. 

Puncak acara SPACE UP diselenggarakan selama dua hari, yaitu tanggal 15 sampai 16 November 2018. Acara di hari pertama diawali dengan pengumuman pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah, Vlog Competition dan Photo Contest, serta kunjungan industri ke Pertamina Research and Technology Center (RTC) dan wisata ke Monumen Nasional.

Hari kedua diselenggarakan seminar bertema “Smart City and Smart Village” dan sosialisasi program “Move On” dari PT Pertamina (Persero) bertujuan mengajak masyarakat Indonesia beralih menggunakan BBM berkualitas ramah lingkungan. 

Universitas Pertamina merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang didirikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial PT Pertamina (Persero) di bidang pendidikan. Universitas Pertamina memiliki 6 Fakultas dan 15 Program Studi dengan kurikulum dibuat berbasis kebutuhan industri energi. 

https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/17/18485261/jaring-inovasi-orang-muda-universitas-pertamina-gelar-space-up-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke