Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PENS Raih 3 Penghargaan Kemenristek Bidang Kemahasiswaan

KOMPAS.com - Sejak tahun 2016, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)  secara rutin mengeluarkan daftar peringkat perguruan tinggi se-Indonesia. 

Setiap tahun, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) meraih prestasi membanggakan, di antaranya Pengelolaan Manajemen Terbaik (2016) serta Politeknik Terbaik (2017).

Di tahun 2018, PENS kembali mendapatkan penghargaan kali ini 3 penghargaan sekaligus diberikan Menristekdikti untuk kategori Bidang Kemahasiswaan Kategori Perguruan Tinggi Vokasi.

Penghargaan prestasi mahasiswa

Penghargaan ini diberikan pada Malam Penganugerahan Bidang Kemahasiswaan pada Jumat, 14 Desember 2018 di Jakarta.

Penghargaan itu diantaranya :

  • Terbaik 1 Prestasi Mahasiswa di Kegiatan Lomba Kemenristekdikti
  • Terbaik 1 Prestasi Mahasiswa di Kegiatan Lomba Mandiri
  • Terbaik 2 Prestasi Mahasiswa di Kegiatan Non-Lomba

Penilaian pemeringkatan bidang kemahasiswaan didasarkan pada jumlah prestasi yang diraih mahasiswa. Hal ini dilakukan dengan mengunggah bukti prestasi seperti sertifikat, foto, serta website sebagai syarat menunjukkan prestasi tersebut benar diraih mahasiswa.

Konsistensi kerja keras tim

Penilaian pemeringkatan ini dilakukan ketat Kemenristekdikti melalui Direktorat Kemahasiswaan dengan cara melakukan verifikasi online.

Verifikator dipilih dari berbagai perguruan tinggi untuk melakukan pengecekan kebenaran prestasi telah diunggah tiap-tiap perguruan tinggi. Sehingga prestasi satu perguruan tinggi di verifikasi 2 perguruan tinggi lain.

"Prestasi kemahasiswaan ini merupakan satu muara dari konsistensi kerja keras tim kemahasiswaan dibantu para dosen pembimbing yang difasilitasi institusi untuk meningkatkan ketrampilan dan soft skill para mahasiswa lewat kegiatan minat dan bakat," jelas Zainal Arief, Direktur PENS saat dimintai keterangan Kompas.com terkait penghargaan ini.

Tim dosen pembimbing dan mahasiswa merespon dengan kerja keras di luar jam kuliah/jam kerja. Kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas mereka berbuah prestasi di beberapa bidang lomba, tambah Zainal.

Memfasilitasi minat bakat

Zainal menambahkan, "Dibawah bidang kemahasiswaan PENS memfasilitasi kegiatan penalaran dan minat bakat yang diwadahi dalam Ormawa dan Unit kegiatan Mahasiswa, termasuk peminatan bidang robotika, game development, IT, fotografi."

Beberapa bidang yang dianggap potensial mendapatkan perhatian khusus untuk dapat memperkuat kompetensi dan menghasilkan prestasi.

Ia berharap, prestasi kemahasiswaan ini menjadi target yang harus terus dijaga dan ditingkatkan.

"Hal ini juga memberi semangat untuk terus meningkatkan target yang lain menuju lebih baik lagi, yaitu tata kelola, kualitas SDM dan penelitian dan publikasi Ilmiah serta produk inovasi yang diimplemantasikan dan memberi dampak positif di masyarakat," tutup Zainal.

https://edukasi.kompas.com/read/2018/12/15/20213911/pens-raih-3-penghargaan-kemenristek-bidang-kemahasiswaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke