Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gelar Wisuda, IPB Perkuat Konsep Argo Maritim 4.0

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menggelar upacara wisuda di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor (16/1/2019). 

Pada Wisuda dan Penyerahan Ijazah Tahap IV Tahun Akademik 2018/2019 ini, IPB menyerahkan ijazah kepada 775 orang lulusan, terdiri dari 94 lulusan Program Diploma I Sekolah Vokasi, 35 lulusan Program Diploma III Sekolah Vokasi, 464 lulusan program Sarjana, 24 lulusan program Pendidikan Profesi Dokter Hewan, 131 lulusan program Magister, dan 27 lulusan program Doktor.

Hingga wisuda pada tahap ini, IPB telah memiliki 157.313 alumni.

Tantangan pendidikan tinggi

“Alhamdulillah, tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2019. Semoga IPB dapat memegang teguh Rencana Jangka Panjang yakni menjadi kampus techno-socio enterpreneur,” tutur Rektor IPB, Arif Satria dikutip dari laman resmi IPB.

Lebih lanjut, Arif Satria menjelaskan, terdapat dua tantangan yang menjadi perhatian utama saat ini.

Pertama, masyarakat global tengah dihadapkan pada permasalahan krisis pangan, energi, dan lingkungan hidup, yang kemudian berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Kedua, saat ini masyarakat global tengah berada dalam era Revolusi Industri 4.0. Sejumlah konsekuensi perkembangan teknologi 4.0 telah mengubah banyak tatanan lama yang telah mapan.

Konsep argo-maritim 4.0

Rektor menambahkan, IPB semakin menegaskan perannya dalam pembangunan nasional melalui peluncuran konsep Agro-Maritim 4.0.

Konsep tersebut bertujuan merespon tantangan pembangunan berkelanjutan dan revolusi industri 4.0 di bidang pertanian dalam arti luas.

Konsep Agro-Maritim 4.0 hadir untuk mengatasi masalah-masalah diskonektivitas pembangunan agro-maritim, degradasi lingkungan dan sumber daya alam, rendahnya kesejahteraan masyarakat, kerawanan pangan, rendahnya kontribusi sektor agro-maritim terhadap pertumbuhan ekonomi, dan ketimpangan pembangunan antarwilayah di Indonesia.

Ia menambahkan, Agro-Maritim 4.0 menegaskan bahwa seluruh disiplin ilmu sama berperan penting dalam penyelesaian isu Agro-Maritim yang kompleks. Dengan mengusung Creating Value sebagai ciri utama, maka teknologi Agro-Maritim 4.0 tidak semata melibatkan satu disiplin keilmuan saja tetapi melibatkan berbagai disiplin ilmu.

Prestasi IPB

Sepanjang tahun 2018 dan di awal tahun 2019 ini, IPB telah mengukir berbagai prestasi yang membanggakan, baik di level institusi, staf pendidik dan kependidikan, maupun para mahasiswa.

Prestasi yang diraih oleh IPB secara institusi yaitu:

1. IPB termasuk 100 Perguruan Tinggi terbaik di dunia versi QS World University Ranking by Subject Agriculture and Forestry,

2. Top 40 The Most Sustainable University in the World

3. Peringkat 2 di Indonesia versi UI Green Metric di akhir tahun 2018,

4. Terbaik III Kategori Media Sosial PTN-BH pada Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018 oleh Kemenristekdikti di awal tahun 2019 ini.

5. PTN Paling Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2018 dari Komisi Informasi Pusat.

6. Anugerah Widyapadhi Peringkat 1 Nasional sebagai kampus paling inovatif.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/01/20/21292761/gelar-wisuda-ipb-perkuat-konsep-argo-maritim-40

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke