Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sinar Mas & Kompas Gelar Lomba Foto "Cerita Kertas" Berhadiah 140 Juta

KOMPAS.com - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bermitra dengan Kompas menggelar lomba fotografi untuk jurnalis dan umum dengan mengangkat tema "Cerita Kertas".

Tema "Cerita Kertas" diangkat bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan potensi kertas sebagai bahan dasar yang memiliki beragam aplikasi di kehidupan sehari- hari serta ramah lingkungan. 

“Sejak lahir, kita telah terbiasa menggunakan kertas dalam berbagai wujudnya di hidup kita, mulai dari buku tulis, tisu, koran, hingga kardus dan kemasan makanan. Setiap wujud kertas ini memiliki ceritanya masing-masing. Namun, kita sendiri terkadang tidak menyadari manfaat dan potensinya,” ujar Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata. 

Cerita inspiratif kertas

Suhendra menjelaskan, salah satu kekuatan utama kertas adalah keterdaur-ulangan (recyclability) yang tinggi dan kemampuannya untuk terurai penuh secara alami.

Jika diolah dan didesain dengan tepat, kertas juga bisa memiliki ketahanan yang tinggi terhadap suhu dan cairan sehingga tidak mudah rusak.

“Dengan menggali cerita unik tentang kertas di kompetisi ini, kami berharap peserta dapat terinspirasi, atau bahkan menginspirasi orang lain, untuk memanfaatkan dan berinovasi dengan kertas demi menjawab berbagai tantangan dunia modern, misalnya sebagai pengganti plastik sekali pakai,” tutupnya. 

Mitra bersama Kompas

Dalam pelaksanaannya, APP Sinar Mas menggandeng Harian Kompas sebagai mitra penyelenggara.

GM Event Harian Kompas Lukminto Wibowo mengatakan, “Kertas adalah bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan sejarah kami sebagai surat kabar. Konsisten dengan dukungan kami terhadap geliat inovasi di Indonesia, kami senang bisa berkolaborasi dengan APP Sinar Mas untuk menyelenggarakan kompetisi fotografi ini dan menggali potensi kertas sebagai salah satu solusi tantangan lingkungan dewasa ini.”

Lomba fotografi “Cerita Kertas” terbuka untuk kategori wartawan dan umum dengan total hadiah senilai Rp140 juta.

Peserta dapat mengirimkan karyanya mulai tanggal 18 Januari hingga 17 Februari 2019.

Dewan juri yang terdiri atas fotografer legendaris tanah air Oscar Motuloh, pewarta foto senior Harian Kompas Danu Kusworo, dan Managing Director Sinar Mas Saleh Husin.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, peserta dapat mengunjungi tautan ini: https://foto.kompas.id/asiapulppaper/

https://edukasi.kompas.com/read/2019/01/25/10573571/sinar-mas-kompas-gelar-lomba-foto-cerita-kertas-berhadiah-140-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke