Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nama Baru Janji Baru, IPB Berganti Nama Menjadi IPB University

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan perubahan penyebutan terjemahan namanya dalam Bahasa Inggris menjadi IPB University. Perubahan brand disampaikan pada acara Rabuan Bersama Awal Tahun bertemakan “Maju Bersama Menuju IPB Future 4.0” di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Bogor (30/1/2019).

Rektor IPB University Arif Satria menyampaikan perguruan tinggi (PT) perlu berhenti sejenak dan mengevaluasi sejauh mana brand PT-nya diterima masyarakat. “Kita perlu mengevaluasi ‘kesehatan’ sebuah brand yang dianalogikan dengan menguji seberapa berartinya brand tersebut di mata stakeholders-nya," ujar Satria.

Sejak lama telah ada dualisme dalam terjemahan Institut Pertanian Bogor ke Bahasa Inggris. Walaupun terjemahan lebih sesuai adalah “Bogor Agricultural Institute”, sudah lama IPB menggunakan terminologi “Bogor Agricultural University” dalam bahasa Inggris.

Alasan mengapa dipilih kata University diawali dengan pemikiran bahwa telah lama IPB menawarkan program studi yang lebih banyak dan luas, lebih dari aspek pertanian dan kelautan saja.

Alasan perubahan nama

Yang berubah dari brand IPB ini adalah jika awalnya “Bogor Agricultural University” terasa lebih panjang, maka disederhanakan menjadi “IPB University”.

Hasil studi eksplorasi stakeholders memberikan masukan kata “Pertanian” dalam “Insitut Pertanian Bogor” sering diartikan secara sempit oleh calon mahasiswa maupun orang tuanya.

Karena tawaran dari lembaga pendidikan ini sudah lebih banyak lagi, maka kata IPB University sebagai brand akan mempunyai asosiasi lebih luas dan menjanjikan value lebih tinggi.

“Ada beberapa corporate brand yang menempuh strategi ini untuk memberikan simplicity dalam pengucapannya tetapi lebih solid dalam exposurenya dan menjelaskan janji brand-nya. Untuk itulah IPB mengubah brand “Bogor Agricultural University” menjadi “IPB University”,” demikian Arif Satria menjelaskan.

Janji baru IPB University

Kegiatan rebranding ini juga melihat kebutuhan baru para future students dan stakeholder lainnya. Slogan lama “Searching and Serving the Best” dirasakan sudah menjadi sebuah keharusan dan kekuatan Institusi.

Untuk menghadapi persaingan semakin ketat, maka IPB University merasakan kebutuhan untuk memiliki janji baru lebih distinctive, berbeda dari universitas lain.

Hasil riset dan diskusi dengan para stakeholder kunci memperoleh sebuah rangkain kata janji barunya yaitu: “Inspiring Innovation with Integrity”.

’Integrity’ atau integritas dianggap merupakan kata yang sangat sering direkatkan stakeholder terhadap IPB, baik itu menggambarkan lulusannya maupun pengajar dan mahasiswa, dan seluruh civitasnya.

Kata berikutnya yaitu ‘Innovation’ yang telah lama dibuktikan oleh IPB dengan berbagai penghargaan yang diberikan oleh lembaga di dalam dan di luar negeri, tetapi masih kurang dikomunikasikan dengan baik.

Sementara itu, ‘Inspiring’ bermakna mencerahkan dan memberikan ide untuk berbuat sesuatu yang baik.

Proses panjang mendalam

“Ada berbagai pendekatan untuk mengevaluasi kesehatan brand. Ada cara ‘jalan pintas’ vs ‘penelusuran secara seksama’. Oleh karena layanan dalam pendidikan tinggi ini bersifat jasa yang mempunyai multiple stakeholder, maka jalan pintas tidak direkomendasikan," kata Rektor.

Ia menambahkan, pendekatan Ethnography Marketing yang dipilih dalam riset ini merupakan jalan panjang penelusuran untuk memahami konsumen secara holistik dari berbagai sudut dan perspektif.

Dalam hal ini IPB melalui profesional telah melakukan rangkaian penelusuran data primer maupun sekunder dengan berbagai teknik yaitu workshop internal dengan tokoh kunci, wawancara mendalam dengan calon mahasiswa, orangtua, guru-guru di sekolah, dan tentu saja tidak lupa melibatkan tokoh kunci di Institusi baik itu dalam diskusi terpisah secara individu maupun diskusi terfokus dalam kelompok.

Hasil kajian ilmiah tentang perubahan brand IPB tersebut sudah disampaikan dalam berbagai pertemuan dengan stakeholder, termasuk dalam rapat Senat Akademik. Selanjutnya sebutan Bahasa Inggris dan tagline baru ini akan disahkan melalui keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) IPB.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/01/30/15495571/nama-baru-janji-baru-ipb-berganti-nama-menjadi-ipb-university

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke