Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Politeknik Negeri Sudah Buka Pendaftaran, Cek Tahapan & Tautan di sini

KOMPAS.com - Politeknik negeri telah membuka pendaftaran bersamaan dengan jadwal pendaftaran SNMPTN tanggal 4 Februari 2019. Pendaftaran ini akan berlangsung sampai 6 April 2019.

Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Se-Indonesia Zainal Nur Arifin mengatakan politeknik negeri merupakan salah satu pilihan siswa-siswi Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Politeknik menghasilkan lulusan terampil dan memiliki sertifikasi sehingga dapat bersaing di dunia kerja dan industri.

“Seringkali siswa-siswi hanya mengandalkan SNMPTN dan SBMPTN untuk kuliah di perguruan tinggi negeri, padahal mereka juga bisa mendaftarkan diri melalui jalur PMDK-PN dan UMPN untuk masuk Politeknik Negeri,” ungkap Zainal, Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Se-Indonesia.

Pendaftaran jalur ini dilakukan secara online, sederhana, dan tidak dipungut biaya. Pendaftaran pun tidak dibatasi kuota tertentu serta akreditasi sekolah tidak menentukan kuota pendaftar.

Lalu, bagaimana tahapan melakukan pendaftaran Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN)? Dikutip dari laman resmi https://pmdk.politeknik.or.id/ berikut 4 tahapan tahapan pendaftaran politeknik negeri jalur PMDK-PN:

1. Mendapatkan user name dan password

Sekolah bisa mendapatkan Username dan Password dengan cara mendapatkan undangan dari Politeknik atau melakukan permintaan user name dan password langsung pada aplikasi dengan mengisi form dan persyaratan.

2. Pendaftaran siswa

Setelah mendapatkan user name dan password, sekolah dapat mendaftarkan siswanya pada program PMDK-PN. Sekolah ataupun siswa dapat melakukan pengisian data mulai tanggal 4 Februari - 6 April 2019.

3. Pengiriman berkas 

Pengiriman berkas atau tidak tergantung pada politeknik pilihan pertama siswa, perhatikan Form Finalisasi  untuk mengetahui apakah harus mengirimkan berkas atau tidak serta mengetahui batas waktu pengiriman berkas.

4. Pengumuman dan daftar ulang

Pengumuman PMDK-PN diumumkan pada tanggal 16 April 2019. Bagi siswa lulus jalur PMDK-PN diharapkan segera melakukan daftar ulang sesuai ketentuan dan persyaratan masing-masing politeknik bersangkutan.

“Pendaftaran jalur ini akan dibuka hingga 6 April ke depan. Seusai jalur ini, kami juga akan membuka jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri Nasional yang disingkat UMPN. Jadi, silahkan dimanfaatkan kesempatan ini untuk bisa belajar di salah satu perguruan tinggi negeri vokasi di Indonesia, Politeknik,” jelas Zainal.

Menurut Zainal, dari tahun ke tahun peminat dan pendaftar jalur ini meningkat. “Ini menunjukkan bahwa masyarakat makin memahami keistimewaan belajar di Politeknik. Pengembangan skill sangat menonjol melalui komposisi praktikum dan teori dalam proses belajar mengajar,” imbuhnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/06/09490621/politeknik-negeri-sudah-buka-pendaftaran-cek-tahapan-tautan-di-sini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke