Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ITS Luncurkan Produk Air Minum Dalam Kemasan

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) perdana tahun 2016, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Senin (18/2/2019) kembali melakukan soft-launching produknya kali ini AMDK dalam merek baru "Itsmine" dengan logo dan kemasan didominasi warna biru muda.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri – Badan Hukum (PTN-BH), ITS terus berusaha menambah sumber-sumber pendapatan. Lewat PT ITS Tekno Sains, layanan kerjasama profesional, aset, usaha penunjang, dan usaha komersial dijalankan.

"Itsmine" menjadi bukti melengkapi produk-produk yang ada di bawah ranah usaha komersial PT ITS Tekno Sains.

Nila Sari, Direktur PT Usaha Tugu Adi Mandiri (UTAMA), anak perusahaan PT ITS Tekno Sains mengatakan ada potensi besar bisnis AMDK. Ia melihat, kebutuhan konsumsi air begitu besar di masyarakat, khususnya sivitas akademika ITS. “Apa yang potensial dan bisa dimanfaatkan kita kerjakan,” ujarnya.

Terus lakukan perbaikan

Nila mengatakan, pada 2016 AMDK beredar berlogo ITS. Ada beberapa komplain terkait kualitas air dan juga branding-nya.

“Karena memang saat itu tidak ada logo khas dan merek jelas,” urainya. Hingga kemudian, Nila dan tim memutuskan terus mencari produsen yang bisa memproduksi air dengan kualitas lebih baik sekaligus memikirkan branding-nya.

Nila menerangkan, "Itsmine memiliki arti ‘itu milikku’. Harapannya, semua orang yang mengonsumsi air tersebut akan memiliki rasa saling memiliki. Mereknya pun sudah didaftarkan sejak Maret 2018."

Segala komplain dan masukan, terus diupayakan untuk dilakukan perbaikan.

"Itsmine" rencananya akan memiliki beberapa varian ukuran AMDK; 240ml berupa gelas plastik, 330ml botol kecil, 600ml botol sedang, 1500ml botol besar dan galon. “Namun untuk saat ini Itsmine hanya memiliki tiga jenis ukuran yakni 240ml, 330ml, dan galon saja,” ujarnya.

Bersaing di pasar luar

Kepala Badan Pengembangan dan Pengelola Usaha ITS, I Ketut Gunarta MT sejak diluncurkannya AMDK pada 2016 lalu, ITS mewajibkan penggunaan air mineral milik sendiri.

“Agar semua sivitas mengonsumsi produk sendiri. Kalau kita cinta ITS, konsumsilah produk internal secara tidak langsung kita telah berkontribusi,” tuturnya.

Ketut menambahkan, ke depan BPPU ITS akan terus berupaya melakukan berbagai strategi agar "Itsmine" terus bisa berkembang, baik dari segi kualitas, pemasaran, maupun penjualannya. Harapannya, "Itsmine" tidak hanya melayani kalangan internal tapi juga akan dapat bersaing ke pasar luar.

“Tahun 2019 semoga bisa merajai Surabaya Selatan, pasar, warung, dan minimarket pun akan ada Itsmine,” harapnya.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/20/22100571/its-luncurkan-produk-air-minum-dalam-kemasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke