Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkatkan Literasi, APP Sinar Mas Bentuk Komunitas #Cerita Kertas

KOMPAS.com - APP Sinar Mas bersama dengan Qureta, sebuah platform media komunitas dan pengembangan kemampuan menulis, menyelenggarakan pelatihan menulis sekaligus membentuk forum penulis bertajuk "Cerita Kertas" di Riau, Sumatera Selatan, Jambi, dan Serang.

Sebelumnya, di bulan Januari 2019 APP Sinar Mas juga bekerja sama dengan Kompas menggelar lomba foto bagi jurnalis dan umum mengangkat tema sama bertagar "Cerita Kertas".

Kegiatan diawali pada bulan Desember 2018 di Riau, bulan Januari 2019 di Sumatera Selatan, dan bulan Februari di Jambi, dan akan diakhiri di Serang, Banten. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan literasi menulis di kalangan anak muda, sekaligus mempopulerkan dan mengedukasi isu tentang kertas kepada masyarakat.

Edukasi kertas lewat literasi

“Kami melihat populasi Indonesia didominasi masyarakat usia produktif yang memiliki potensi besar untuk digali, salah satunya dalam hal literasi khususnya kemampuan menulis,” ujar Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata melalui rilis diterima Kompas.com.

Suhendra mengharapkan forum "Cerita Kertas" dapat mengedukasi dan memberi pemahaman lebih tentang bagaimana industri kertas berperan dan beroperasi, sekaligus menjadikannya populer di kalangan masyarakat. 

Kertas sebagai bagian dari keseharian manusia tidak hanya sebagai media dalam menorehkan tulisan. Masih banyak kegunaan lain, seperti tisu, kemasan makanan higienis dan ramah lingkungan, cartoon box atau kardus untuk kemasan barang dari bahan daur ulang, serta kegunaan lainnya.

"Dalam memproduksi kertas dan beragam jenisnya terdapat proses panjang dari hulu sampai ke hilir, melibatkan banyak orang menjaga dan mengawal kualitasnya. Tidak hanya memperhatikan aspek produksi semata, masalah ekonomi, sosial, dan lingkungan tidak luput dari perhatian kita," terang Suhendra.

Narasi positif kertas

"Hampir tidak ada orang yang bisa lepas dari kertas. Mulai dari selebaran, pembungkus, tisu, hingga alat pembersih lainnya. Kertas telah menjadi bagian penting kehidupan manusia modern,” jelas CEO Qureta Luthfi Assyaukanie. 

Luthfi menegaskan pentingnya mengembangkan narasi positif tentang kertas. Bukan hanya karena kertas berjasa bagi perkembangan peradaban manusia di masa silam, tapi juga karena kertas memainkan peran penting dalam membuat kehidupan manusia modern lebih nyaman.

"Ke depan kertas juga berpotensi menjadi solusi masalah besar yang mencemaskan banyak orang, yakni sampah plastik," tambahnya.

Peserta program ini mencakup karyawan, keluarga karyawan APP Sinar Mas, penerima beasiswa, penerima manfaat program sosial dan pemberdayaan masyarakat, pemuda-pemudi di sekitar area APP Sinar Mas serta komunitas penulis dan penggiat literasi di daerah tersebut.

Sejak pertama kali komunitas ini dibentuk pada akhir Desember 2018, sudah lebih dari 50 tulisan terbit di kanal komunitas #CeritaKertas.

"Antusiasme dan keaktifan para peserta patut kami apresiasi. Kami berharap ke depannya, kegiatan pembentukan komunitas serupa dapat dilaksanakan di daerah tempat operasional kami lainnya," tutup Suhendra.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/03/01/17070121/tingkatkan-literasi-app-sinar-mas-bentuk-komunitas-cerita-kertas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke