Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Dongeng Internasional, Ciptakan 3 Hal Ini Saat Mendongeng

KOMPAS.com - Hari Dongeng Internasional jatuh pada hari ini, 20 Maret 2019. Mendongeng sangat baik bagi perkembangan intelektual anak. Tidak saja memberikan pengetahuan yang luas, mendongeng juga efektif dalam mengembangkan imajinasi anak.

Di dalam dongeng, anak menerima bahasa yang disampaikan pendongeng untuk kemudian berusaha menerjemahkan dalam pikirannya.

Orangtua sebaiknya tidak menolak saat anak meminta diceritakan dongeng. Di awal mungkin sulit. Namun, seharusnya hal itu tidak menghalanginya untuk mendongeng pada anak.

Terlebih dongeng dapat menjadi media pendidikan orangtua dalam membangun karakter dan arahan kepada anak.

DIlansir dari laman Sahabat Keluarga, berikut ini 3 hal yang dapat dilakukan saat orangtua hendak mendongeng:

1. Menciptakan antusias

Orangtua atau pendidik sebaiknya memberikan suasana antuasias pada anak. Anak dapat menerima pelajaran dari dongeng saat mereka terlihat antusias. Mengawali sebuah dongeng dengan menarik akan membuat anak senang dan membuat rasa ingin tahunya tinggi.

Orangtua dapat memulai dongeng dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana. Misalnya mengucap salam dan menanyakan kabar pada anak dengan irama yang menyenangkan.

2. Karakter menarik

Anak-anak tentu masih memiliki perkembangan dalam segala hal. Imajinasi dan pengetahuan anak masih membutuhkan perkembangan.

Orangtua dapat memberikan stimulus sesuai dengan kebutuhan anak. Pilih karakter yang mudah diterima anak sesuai dengan usia perkembangannya. Pilih juga tokoh dengan memiliki kelebihan dan kekurangan.

3. Konflik mengejutkan

Selain tokoh atau karakter menarik, konflik adalah yang tidak dapat lepas dari dongeng. Orangtua dapat membuat persoalan-persoalan sederhana yang sering ditemui anak dalam kesehariannya.

Jika dapat mengangkat persoalan yang ia lihat pada anak, di sinilah orangtua sebenarnya dapat memberikan solusi melalui dongeng yang diciptakannya.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/03/20/22103601/hari-dongeng-internasional-ciptakan-3-hal-ini-saat-mendongeng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke